STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BMT DI KABUPATEN GR0BOGAN

Kusuma Retnaningtyas, Dyah (2005) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BMT DI KABUPATEN GR0BOGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
042017545_fulltext.pdf

Download (23MB)

Abstract

BMT merupakan Lembaga Keuangan Syariah dan Koperasi Simpan Pinjam Syariah, BMT (Baitul Maal Wattanwil) terdiri dari dua istilah yaitu Baitul maal dan kegiatan yang mengarah sebagai usaha-usaha pengumpulan dan penyaluran dana yang bersifat non-profit, seperti zakat, infaq dan Baitut tanwil. Baitul maal adalah suatu shodaqoh. Sedangkan baitut tanwil sebagai usaha pengumpulan dan penyaluran dana komersial. Pada umumnya sistem kerja BMT adalah sebagai pra koperasi dimana aspek simpan pinjam dan pembukuannya mengikuti tcknik-teknik koperasi tetapi koperasi yang berlandaskan sistem syariah. Dalam pengembangan bisnisnya MT memerlukan stratcgi yang tepat. Maka untuk mengetahui strategi yang tepat digunakan oleh BMT dapat dianalisis dengan analisis SWOT (Strong, Weakness, Opportunity and Threath). Pada analisis SWOT terdiri dari dua bagian yaitu faktor kelemahan, sedangkan faktor cksternal terdiri dari peluang dan ancaman Pada faktor internal dan cksternal dicari rating dan bobot yang dikalikan internal yang terdiri dari kekuatan dan akan menjadi total nilai pada faktor strategi internal dan eksternal yang ada dapat diketahui posisi BMI, strategi yang digunakan oleh BMT dan strategi yang baik / scsuai digunakan oleh BMT dalam mengembangkan bisnis serta usahanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:20
Last Modified: 11 Jul 2022 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24177

Actions (login required)

View Item View Item