PEMILIHAN SUPPLIER TUWANGAN PADA PRODUK KRAN AIR KUNINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DI PT. TARINDO

Kurniawati, Dewi (2021) PEMILIHAN SUPPLIER TUWANGAN PADA PRODUK KRAN AIR KUNINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DI PT. TARINDO. Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
31601700030_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. Tarindo adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi kran air yang memiliki berbagai macam bentuk kran air salah satunya produk kran air kuningan. Perusahaan ini berlokasi di Desa Growong Lor, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. PT. Tarindo dalam pemilihan supplier hanya berdasarkan kriteria harga, kualitas, jarak ketetapan dalam pengiriman. Dari wawancara PT. Tarindo pernah mengalami adanya fluktuasi harga sehingga supplier tidak dapat memasok dengan ketetapan harga yang sesuai kesepakatan sebelumnya. Akibat dari nilai harga yang tidak dapat diprediksi maka dari pihak supplier akan menjual ke Jakarta, sehingga bahan baku menjadi langka dan perusahaan akan kesulitan dalam mencari bahan baku. Selain itu, perusahaan juga sering mengalami bahan baku yang tidak sesuai seperti barang yang pecah, terlalu keras serta porous akibatnya akan berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Jarak masing-masing supplier juga mengakibatkan perbedaan waktu pengiriman jika bahan baku yang datang terlambat tidak sesuai dengan jadwal produksi maka akan menghambat produksi kran kuningan. Sehingga dapat mengurangi tingkat persediaan bahan baku yang seharusnya disimpan untuk kebutuhan yang akan datang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menentukan prioritas supplier yang lebih efisien dan dapat menilai kriteria kuantitatif serta kualitatif sesuai dengan kondisi perusahaan. Diketahui dari hasil kuesioner terdapat 8 kriteria dan 14 subkriteria yang digaunakan dalam pemilihan supplier diantaranya kualitas, harga, pelayanan, manufacturing capability, pengiriman, after sales, kelayakan, dan jarak. Berdasarakan hasil perhitungan AHP, didapat kriteria yang paling berpengaruh adalah kriteria kualitas dengan bobot 0,3373. Dari hasil pengolahan DEA didapatkan nilai super efisiensi DEA tertinggi yaitu TB. Usaha Mulya dengan nilai sebesar 1,175. Hal ini diketahui bahwa TB. Usaha Mulya berada di urutan pertama dan UD. Sinar Logam berada di urutan terakhir. Kata kunci : PT. Tarindo, Supplier, Analytical Hierarchy Process (AHP), Data Envelopment Analysis (DEA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:19
Last Modified: 11 Jul 2022 02:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24139

Actions (login required)

View Item View Item