LAPORAN INI DISUSUN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU SYARAT MEMPEROLEH GELAR S1 PADA PRODI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Khoriyanto, Puji (2021) LAPORAN INI DISUSUN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU SYARAT MEMPEROLEH GELAR S1 PADA PRODI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
30601601935_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

kecepatan dan efektifitas dalam proses produksi sangat dibutuhkan dalam dunia industri. Selain bahan baku yang menunjang dalam proses produksi, alat yang canggih juga sangat dibutuhkan. Semakin ketatnya persaingan dan permintaan pasar mengharuskan proses produksi dilakukan dengan cepat, efisien namun tetap berkualitas. Saat ini proses seasoning masih dilakukan secara manual dan terlalu mengandalkan tenaga manusia, sehingga proses seasoning akan memerlukan waktu lama dan tidak optimal. Sebab itu perlu dilakukan inovasi pada mesin seasoning agar proses produksi bisa dilakukan dengan kondisi yang paling optimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah. metode observasi, studi literatur, wawancara, dan dokumentasi. Mesin seasoning dirancang menggunakan weigher agar perpaduan antara produk dan bumbu bisa ditimbang secara otomatis. Produk dan bumbu akan dicampur pada drum seasoning secara continue dimana satu sisi drum menjadi input yang didalamnya terdapat spiral yang akan mendorong produk keluar kesisi lainya. Dari hasil perancangan, dilakukan pengujian pada mesin seasoning yang menghasilkan akurasi rata – rata weigher 99,53% dari berat sebenarnya. Drum seasoning dapat mencampur bumbu secara rata sesuai yang diharapkan. Setelah dilakukan beberapa kali pengujian, dapat disimpulkan mesin seasoning dapat bekerja dengan baik dan jauh lebih optimal dibanding dengan cara manual. Kata Kunci:Industri, Produksi, Inovasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 09:41
Last Modified: 08 Jul 2022 09:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24032

Actions (login required)

View Item View Item