HUBUNGAN ANTARA ASERTIFITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI MADRASAH ALIYAH NURUL ULUM MRANGGEN DEMAK

Taufiq Amrullah, Muhammad (2004) HUBUNGAN ANTARA ASERTIFITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI MADRASAH ALIYAH NURUL ULUM MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
07990049_fulltext.pdf

Download (16MB)

Abstract

Semua kegiatan dan prestasi hidup manusia tidak lain adalah hasil dan belajar. Belajar berlangsung secara dan terarah dengan menggunakan berbagai bentuk perbuatan untuk mencapai suatu tujuan atau suatu hasil yang dinamakan prestasi dalam dumia pendidikan. Dalam pendidikan formal, prestasi belajar menunjukkan adanya perubahan yang positif, sehingga pada taraf akhir akan didapat ketrampilan, kecakapan dan pengetahuan aktif Tingkat keberhasilan siswa yang dicapaiin seorang siswa melalui belajar di sekolah sesuai dengan kriteria yang berlaku yang berlaku dan hasil yang dicapai tersebut adalah berupa angka­ angka yang tercantum dalam raport disebut dengan prestasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara asertifitas dengan Prestasi Belajar Pada Siswa-Siswi Kelas II Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mranggen Kabupaten Demak. Vaniabel bebas dalam penelitian ini adalah asertifitas, sedangkan variabel tergantung adalah prestasi belajar Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi Kelas II Madrasah Aliyah Nurul Uh Mranggen Kabupaten Demak. Jumlah siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dan dokumentasi. Skala digunakan untuk memperoleh data variabel asertifitas, sedangkan dokumntasi yang berbentuk raport digunakan untuk memperoleh data variabel prestasi belajar Untuk menganahisis data digunakan teknik anahisis korelasi Product baru. Moment dengan memanfaatkan progam SPSS reliase 1, 00. Hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi sebesar 0, 389 dengan p dan korelasi Product Moment < 0,0I, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yaitu ada hubungan positif antara asertifitas dengan prestasi belajar pada Siswa-siswi Madrasah Aliyah Nurul Ullum Mranggen Kabupaten Demak. Semal.in tinggi perilaku asertif Siswa-siswi Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mranggen Kabupaten Demak maka akan semakin tinggr pula prestasi belajamnya, dan begitu juga sebaliknya semakin rendah perilaku aserif Siswa­ siswi Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mranggen Kabupaten Demak maka akan semakin rendah pula prestasi belajarnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 09:40
Last Modified: 08 Jul 2022 09:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item View Item