PENGARUH.GEL.EKSTRAK.CANGKANG.TELUR.BEBEK (Anas platyrhynchos domesticus) .TERHADAP MIKROPOROSITAS.ENAMEL.GIGI.SULUNG PADA PROSES REMINERALISASI

Imron, Keke Santia (2021) PENGARUH.GEL.EKSTRAK.CANGKANG.TELUR.BEBEK (Anas platyrhynchos domesticus) .TERHADAP MIKROPOROSITAS.ENAMEL.GIGI.SULUNG PADA PROSES REMINERALISASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
31101500515_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Karies dapat terjadi akibat ketidakseimbangan proses demineralisasi dan remineralisasi pada gigi,ditandai dengan kerusakan Struktur gigi.Ion yang terlibat dalam proses remineralisasi adalah ion kalsium dan fosfor. Salah satu bahan yang dapat meningkatkan kadar ion pada gigi adalah cangkang telur bebek (Anasplatyrhyncosdomesticus) karena memiliki kadar ion kalsium dan fosfor yang tinggi sehingga dapat menjadi alternatif material untuk meningkatkan mikroporositas dan remineralisasi gigi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gel.ekstrak.cangkang.telur. .bebek (anas platyrhynchos domesticus) terhadap mikroporositas enamel gigi sulung pada proses remineralisasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan post test only control group design, terbagi dalam tiga kelompok yaitu kelompok perlakuan dengan gel ekstrak cangkang telur bebek 40% dan kelompok perlakuan dengan cangkang telur bebek 20% dan kelompok Kontrol dengan CPP-ACP. Hasil rata – rata lebar mikroporositas kelompok kontrol memnggunakan pasta CPP-ACP 1,62 µm, rata – rata lebar mikroporositas kelompok perlakuan menggunakan gel cangkang telur bebek 20% sebesar 1,09 µm, dan rata – rata lebar mikroporositas kelompok perlakuan menggunakan pasta cangkang telur bebek 40% sebesar 1,11 µm. Uji Kruskal Wallis memberikan hasil p=0,694. Hasil tersebut menunjukkan pasta cangkang telur bebek 20%, cangkang telur bebek 40% dan pasta CPP-ACP memberikan pengaruh yang sama terhadap mikroporositas enamel dalam proses remineralisasi enamel. Kata kunci : Gel cangkang telur bebek 20%, Gel cangkang telur bebek 40%, Pasta PPACP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 09:24
Last Modified: 08 Jul 2022 09:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23978

Actions (login required)

View Item View Item