ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN TINGKAT UPAH TERHADAP KINERJA KARY4WAN (STUDI KASUS PADA PHILLIPS PT. SEA FOOD INDONESIA DI PEMALANG)

Susiati, Susiati (2005) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN TINGKAT UPAH TERHADAP KINERJA KARY4WAN (STUDI KASUS PADA PHILLIPS PT. SEA FOOD INDONESIA DI PEMALANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
042017767 S fulltext.pdf

Download (20MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu bag.an investasi terbesar dari perusahaan, SDM yang dimiliki oleh suatu perusahaan menjadi penentu bagi peningkatan produktifitas dan kinerja yang akan dihasilkan. Tenaga kerja menjadi penentu dalam keberhasilan perusahaan mengembangkan potensi karyawan. Faktor-fakor yang mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya adalah kepemimpinan dan upah, dengan keperimpinan yang efektif yaitu kepemimpinan yang memberikan kepercayaan terhadap bawahan di dalam melaksanakan tugas nya, namun bukan berarti memberikan kebebasan penuh terhadap bawahan, akan tetapi menciptakan suasana dimana pemimpin dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan kontrol mampu dilaksanakan secara efektif dan efisien. Upah merupakan wujud nyata perusahaan dalam menghargai karyawannya, dengan upah yang layak diharapkan akan dapat berpengaruh terhadap kinerja yang dihasilkan. Dani variabel kepemimpinan dan upah diharapkan akan mendorong serta meningkatkan kinerja karyawan, di dalam mencapai target yang diharapkan perusahaan. Masalah yang diajukan dalam penulisan skripsi ini diantaranya adalah seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, seberapa besar pengaruh upah terhadap kinerja karyawan, dan seberapa besar pengaruh Gaya kepemimpinan dan upah secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan. Di dalam penetitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan perempuan bagian produksi pada penyortiran daging rajungan, pada Pt. Phillips Seafood Indonesia di Pematang yang berjumlah 100 orang. sedangkan yang menjadi sampelnya adalah 50 orang yang dipilih secara acak, dan dari sampel tersebut dianggap sudah dapat mewakili dari seluruh karyawan perempuan bagian produksi yang ada. Berdasarkan perhitungan analisis data dengan menggunakan alat analisis tersbut diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Persamaan regresi berganda menggunakan program SPSS 11.0 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y 4,853 +0,342(X1)-0,295(X2) 2. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 11.0 diperoleh t hitung untuk variabel Gaya kepemimpinan sebesa 2,594 > t tabet 2,3I5 dengan signifikansi pengujian scbesar 0.,013 < 0,025 maka kepemimpinan akan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinera karyawan 3. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 11.0 diperoleh t hitung untuk variabel upah sebesar 2,031 < tabel 2,315 dengan signifikansi 0,048 > 0,05 dengan demikian upah tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. 4. Adapun untuk uji F diperoleh F hitung 19,071 F tabel 3.20 dengan signfikansi 0,000 < 0,05 maka gaya kepemimpinan dan upah secara bersama sama, berpengaruh terhadap kinerja karyawan. 5. Berdasarkan koefisten(K')sebesar 0,448 yang berari bahwa 44.8% kinerja karyawan dipengaruhi oleh kepemimpinan dan upah, dan selebihnva sebesar 55,% kinerja karyawan dipengaruhi oleh faktor-aktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:41
Last Modified: 07 Jul 2022 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23928

Actions (login required)

View Item View Item