ANALISIS STRATEGI PEMASARAN POLIS ASURANSI KERUGIAN PADA PT (PERSERO) ASURANSI KERUGIAN JASA RAHARJA CABANG SEMARANG

Kuntjoro, Wuryanti (1996) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN POLIS ASURANSI KERUGIAN PADA PT (PERSERO) ASURANSI KERUGIAN JASA RAHARJA CABANG SEMARANG. Other thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
LP.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix yang meliputi Harga, Promosi dan distribusi untuk mencapai target/meningkatkan volume penjualan/penerimaan premi asuransi pada PT. (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja Cabang Semarang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif yaitu dilakukan de ngan_regresi linier berganda. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga jual, aktivitas promo s i s alu rari d i str i b u s i / jumlah a ge n baik s e c ara p a rt ial mau p un simultan memberikan pengaruh yang po sitif dalam mencapai target atau meni ng k a tk an volu me p en j ualan/penerimaan p remi asuransi . D ari analisis SWOT di ketahui bahwa pada PT . ( Persero ) Asuransi K e rugian J asa Raharja, di Ii h a t d a ri M atri x D a y a Ta rik Industri (MDTI), nampak bah w a Posisi Pemasaran Perusahaan ada pada Invest/Growth ini menunjukkan unit usah a ters e b ut m e mili ki peluang bisnis yang amat j elas d an di saat yang sama juga memiliki kekuatan (keunggulan) bersaing. Oleh k aren a itu d i p er ki r a kan akan dap at teru s berkembang. Kekuatan-kekuatan tersebut adalah te rsebarny a kantorkantor ope rasional, kondisi s t af p em a sar an y ang b er pen galaman , p engembang an staf ba g ian pemasaran dengan pendidikan-pendidikan, image perusahaan yang baik dan keuan ga n ya n g c uku p kuat, se d angkan p eluangnya adalah kondisi perekonomian yang meningkat, bertambahnya penduduk akan berdampak a nt a ra lain, meningkatnya kes ada r an berasurans i d i kalang an masy ar akat, mening katny a hara p an hidup / pe rb aikan giz i p enduduk In donesia s erta Per atur an P emerintah membatasi masukny a p erusa haan asing dalam pasar asuransi nasio n al. Kebijaksanaan pemasaran P T. A suransi J asa R aharj a dil ak ukan dengan pertimbangan dan memperhatikan kemauan calon nasabah yang be rb e d a-be da s esuai dengan pe nd a p atanny a , dan persaingan yang semakin tajam dalam bidang industri jasa asuransi. Strategi yang digunakan adalah dengan mengkombinasikan variabel harga, promosi dan d istribus i . Me skipun nampakny a pre stasi p enerimaan p remi asuransi terus menin g kat dari tahun 1991-1995, akan tetapi selama 2 tahun te rakh ir pros e ntase kenaikan p enerimaan premi menunj ukkan penurunan , ag a r prestasi ters e bu t dapat men c apai t arget penjualan / program atau ren c ana perusahaan, diperlukan langkah-langkah dan strategi dalam pemasaran p oli s asuransi kerugian. U ntuk melakuk a nnya pe r usahaan har us m a m p u mengestimasi dan memproy e ksikan b aik kondis i inte rn maupun ekst e rn yang akan mempengaruhi aktivitas perusahaan. Kondisi intern adalah kekuatan dan kelemahan p e rusahaan, se dangkan kon d isi e kstren ad alah p eluang dan ancaman yang di hada p i p erusahaan . D ari kondisi pe rusahaan itu manaj eme n merumuskan s t rate g i yang tepat dan m e nga lok a s ik an su m b ersumber sec ara ef e kti f .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 06 Jul 2022 04:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23905

Actions (login required)

View Item View Item