KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUBI KERUSAKAN JALAN DENGAN PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN PROPINSI JAWA TENGAH (Studi kasus : JL Arterl RE Martadinata Kota Semarang)

Westi Grehadhika N, Mukl and Zakaria, Mohammad (2009) KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUBI KERUSAKAN JALAN DENGAN PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN PROPINSI JAWA TENGAH (Studi kasus : JL Arterl RE Martadinata Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
022012381_full text.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penyebab kerusakan jalan yaitu proses luar (banjir, bencana alam, tidak berfungsinya drainase), kelebihan beban muatan dan pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Jalan yang ada tidak didesain tahan terhadap genangan air. Akibatnya, setiap musim penghujan banyak ditemui jalan-jalan yang semula kondisinya baik menjadi berlubang akibat genangan air. Dari luapan drainase yang tidak berfungsi, salah satunya juga kelelahan material bahan pembuat jalan, efek iklim dan peningktan lalu lintas berat, Dengan meningkatnya ams lalu lintas barang dan orang, umur layan jalan menjadi lebih pendek dan kerusakan telah terjadi di sepaajang jalan berdasarkan tersebut untuk mencapai tingkat pelayanan yang optimal bagi arus lalu lintas, maka diperlukan evaluasi terhadap tingkat pelayanan jalan berdasarkan parameter kinerja jalan. Penelitian ini adalah penelitian metode diskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara sistematis, cermat dan akurat Mengenai fenomena tertentu berupa fakta-fakta, sifat suatu individu atau kelompok serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Untuk menganalisis data dalam penelitian. ini di gunakan bantuan software SPSS versi 12 dengan memakai metode statistik Bedasarkan hasil analisis didapat rata - rata skor indikator yang telah di peroleh bahwa variable faktor perencanaan sebesar 57, 78; Faktor Pelaksanaan sebesar 54,56 ; dan &ktor pemeliharaan sebesar 68, 11; Dari hasil ini dapat di lihat faktor pemeliharaan merupak:an faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kerusakan jalan Arteri RE Martadinata Kota Semarang . Hal ini juga di perkuat nilai - nilai koefisien regresi faktor pemeliharaan yang di ketahui sebesar 0,689 lebih lebih tinggi dari nilai koefisien regresi faktor perencanan dan faktor pelaksanaan yaitu sebesar 0,672 dan 0,573 Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Pemeliharaan, Kerusakan Jalan dengan perkerasan lentur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 00:34
Last Modified: 08 Jul 2022 00:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23856

Actions (login required)

View Item View Item