ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJU ALAN PADA SUYUDONO SHOES SEMARANG

ANSHORI, M. HERRY (2003) ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJU ALAN PADA SUYUDONO SHOES SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04986606S_fulltext.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada dasamnya perusahaan didirikan untuk mencapai suatu tujuan, yaitu mencari keuntungan semaksimal mungkin. Sedangkan tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan penjualan dan mendapatkan laba, sehingga perusahaan dapat survive dan dapat mengembangkan usahanya sckarang dan pada masa yang akan datang. Upaya yang dapat dilakukan perusahaan agar tujuan tersebut dapat tercapai secara efektif dan efisien diantaranya melalui suatu usaha pengembangan produk, dimana pengembangan produk yang dilakukan didorong atas faktor kemajuan teknologi, produk mempunyai daur hidup, kebutuhan dan keinginan konsumen yang selalu berubah dan pada persaingan yang semakin ketat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah l) Bagaimana pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan 2) Bagaimana pengaruh harga terhadap volume penjualan 3) Bagaimana pengaruh pcngembangan produk dan harga secara bersama-sama terhadap volume penjualan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap volume penjualan. 2) Untuk menganalisis pengaruh faktor pengembangan produk dan faktor harga secara bersama-sama terhadap volume penjualan .. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data biaya pengembangan produk, harga dan volume penjualan pada Suyudono Shoes berdiri tahun l 991 sampai tahun 2002. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data biaya pengembangan produk, harga dan volume penjualan selama tahun 1998­ 2002 dengan tehnik pengambilan sampel secara quota sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Adapun hasil analisis regresi berganda diperoleh hasil sebagai berikut : 1. Dari perhitungan regresi berganda antara biaya pengembangan produk dan harga terhadap volume penjualan diperoleh hasil bahwa t hitung untuk X adalah sebesar 5,469 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,895 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,001. Dengan demikian berarti terdapat pengaruh antara variabel biaya pengembangan produk (X) terhadap volume penjualan (Y). Dan t hitung untuk X adalah sebesar --6,342 yang lebih kecil dari t tabel sebesar -1,895 dengan tingkat signifiksi sebesar 0,000. Dengan demikian berarti terdapat pengaruh negatif antara variabel harga (X) terhadap volume penjualan (Y). 2. Secara bersama-sama variabel biaya pengembangan produk dan harga mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dengan basil F hitung sebesar 219,345 yang lebih besar daripada F tabel sebesar 4,35. Adapun besarnya koefisien determinasi sebesar 0,984 menunjukkan bahwa 98,40 % volume penjualan dipengaruhi oleh variabel biaya pengembangan produk dan harga. Adapun sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diamati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:25
Last Modified: 05 Jul 2022 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23807

Actions (login required)

View Item View Item