ANALISIS HUBUNGAN ATRIBUT PRODUK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN CAT PRODUKSI PT. DANAPAINTS DI SEMARANG

KOPER, DAVID (2001) ANALISIS HUBUNGAN ATRIBUT PRODUK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN CAT PRODUKSI PT. DANAPAINTS DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04976155S_fulltext.pdf

Download (6MB)

Abstract

Salah satu diantara sarana penunjang dari berbagai komponen pembangunan adalah komponen cat. Dimana cat sebagai barang konsumsi untuk memperindah, mempertahankan kondisi bangunan, perawatan mesin-mesin dan kebutuhan lain yang semakin luas dari cat. Saat ini di Indonesia khususnya di kota-kota besar dapat dilihat gedung­ gedung menjulang tinggi yang dicat dengan warna-warna yang sangat indah. Demikian juga dengan mobil-mobil, perkapalan dan industri akan mempunyai daya tahan lebih lama dengan dilapisi oleh cat yang bermutu baik disamping dengan warna yang indah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a Apakah faktor-faktor atribut produk yang berupa kemasan, warna, kualitas, dan ketersediaan berhubungan dengan keputusan pembelian cat pada PT. Danapaints Semarang. Sedangkan teori yang melandasi penelitian ini meliputi, pengertian tentang atribut produk menurut Djasmin Saladin (1984: 21) mengemukakan atribut produk adalah suatu komponen yang merupakan sifat-sifat produk yang menjamin agar produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan clan keinginan yang diharapkan konsumen. Sedangkan pengertian atribut produk oleh Philip Kotler (1990 : 07) adalah sesuatu yang dijadikan perhatian oleh konsumen sebagai karakteristik dari produk yang ditawarkan. Pengertian perilaku konsumen yang dikemukakan oleh Dhannmesta dan Handoko (1997 : 10) mengatakan bahwa : "Perilaku konsumen adalah kegiatan­ kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan clan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut". Loudon and Bitta (1993: 6) mengatakan bahwa : "Consumer behavior may be defined as decision process and physical activity individuals, engange in when evaluating, acquiring, using or disposing of goods and service" (Perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan kegiatan individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau mendapatkan barang dan jasa). Mangkunegara (1987: 3) mengatakan bahwa : "Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomis yang dipengaruhi lingkungan". Adapun penelitian ini dilakukan di PT. Danapaints Semarang dan toko-toko cat di Jawa T engah, sedangkan populasi yang akan penulis ambil adalah keseluruhan konsumen cat produksi PT. Danapaints. Dengan mempertimbangkan beberapa hal maka jumlah sampel ditentukan 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif clan analisa kuantitatif. Analisa kualitatif merupakan analisa yang memberikan keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan. Sedangkan analisa kuantitaif dalam penelitian ini menggunakan analisa chi square. Setelah dilakukan analisis data diperoleh basil sebagai berikut : a. Atribut kemasan mempunyai hubungan yang bermakna atau signifikan dengan keputusan pembelian pada taraf ( = 0,001, dan dengan koefisien korelasi sebesar 0,7981 menunjukkan derajat keeratan hubungan yang kuat, hal ini sesuai dengan basil kuesinoer responden dari 100 orang responden 82 orang membeli cat Danapaints dan 40 % responden menyatakan bahwa kemasan cat Danapaints adalah bagus. b. Atribut warna mempunyai hubungan yang bermakna atau signifikan dengan keputusan pembelian pada taraf ( = 0,009, dan dengan koefisien korelasi sebesar 0,8056 menunjukkan derajat keeratan hubungan yang sangat kuat, hal ini sesuai dengan basil kuesinoer responden dari 100 orang responden 82 orang membeli cat Danapaints dan 40 % responden menyatakan bahwa warna cat Danapaints adalah bagus. c. Atribut kualitas mempunyai hubungan yang bennakna atau signifikan dengan keputusan pembelian pada taraf (=0, 004, dan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 7564 menunjukkan derajat keeratan hubungan yang kuat, hal ini sesuai dengan basil kuesinoer responden dari 100 orang responden 82 orang membeli cat Danapaints dan 55 % responden menyatakan bahwa kualitas cat Danapaints adalah baik. d. Atribut jaminan ketersediaan cat Danapaints mempunyai hubungan yang bermakna atau signifikan dengan keputusan pembelian pada taraf ( == 0, 004, dan dengan koefisien korelasi sebesar 0,75768 menunjukkan derajat keeratan hubungan yang kuat, hal ini sesuai dengan basil kuesinoer responden clari 100 orang responden 82 orang membeli cat Danapaints dan 43 % responden menyatakan bahwa jaminan ketersediaan cat Danapaints adalah memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:00
Last Modified: 05 Jul 2022 06:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23796

Actions (login required)

View Item View Item