ANALISIS PENGARUB PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA KA. KALIGUNG EXPRESS JURUSAN TEGAL SEMARANG

ALI ALKHAMIDI, MOHAMMAD (2003) ANALISIS PENGARUB PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA KA. KALIGUNG EXPRESS JURUSAN TEGAL SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
04996878_full text.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia yang semakin sulit seperti saat ini mengakibatkan banyaknya perusahaan yang terancam tutup.Sedangkan perusahaan yang berusaha bertahan dalam menghadapi kondisi yang sangat sulit ini dituntut untuk mempunyai strategi yang baik. perusahaan yang bergerak dalam bidang jasapun ikut terkena dampaknya,dimana biaya operasional mengalami kenaikan , sedangkan para konsumen pemakai jasa mulai menurun. Oleh karena itu perusahaan harus dapat memenangkan persaingan terhadap perusahaan sejenis yang lain.Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, perusahaan akan bersaing baik dalam bidang harga,pelayanan dan fektor-faktor yang lain yang dapat menimbulkan kepuasan bagi konsumen. Dalam pencliuan ini faktor-faktor yang dianggap dapat mempengaruhi kepuasan konsumcn dalam menggunakan jasa transportasi KA.Kaligung Expres PT.KAI. di legal adalah produk, harga, kuulitas pelayanan dan promosi. Adapun perumusan masalah dalam pcnelitian ini I) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara produk, harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap tingkat kepuasan konsurnen pengguna jasa KA.Kaligung Expres secara parsial ? 2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara produk, harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap tingkat kepuasan konsumen pcngguna jasa KA.Kaligung Expres secara bersama-sama. · Tujuan penelitian ini adalah I )) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara produk, harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna jasa KA.Kaligung Expres secara parsial ? 2)Untuk menetahui pengaruh yang signifikan antara produk, harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna jasa KA. Kaligung Expres secara bersama-sama. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang yang naik KA. Kaligung Expres jurusan Semarang -Tegal maupun Tegal - Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagian dari penumpang yang naik KA. Kaligung Expres pada hari minggu, minggu ketiga bulan juni tahun 2003 baik penumpang jurusan semarang-Tegal maupun Tegal - semarang sejumlah 96 orang. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi Linier berganda. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: I. Nilai F hitung dengan tingkat signifikasi 0.000 dengan kontribusi R 2 sebesar 82.2 % dan derajat kccratan sebesar 90. 7 <!fc>,yang berarti variable produk, harga, kualitas pelayanan dan promosi mampu menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 99. 99%. Fenomena diatas memberikan indikasi bahwa tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi oleh produk, harga, kua.itas pelayanan dan promosi nyata pada taraf a 0.01 %. 2. Variabel produk (x.) memperoleh koefiosien regresi sebesar 0.697, dengan tanda perameter positif, koefisien uji t sebesar 3.971.Fenomena ini mmberikan indikasi bahwa tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi produk nyata pada taraf a 0.01 %. Sedangkan tanda parameter yang positif menunjukan apabila kualitas produk semakin baik, maka kepuasan konsumen meningkat. 3. Variabel hargatx-) memperoleh koefiosicn regresi sebesar 0.393, dengan tanda perameter negatif, koefisien uji t scbesar 2.248.Fenomcna ini mmbcrikan indikasi bahwa tingkat kepuasan konsumcn dipcngaruhi produk nyata pada taraf a 2.7 %. Sedangkan tanda parameter yang negatif mcnunjukan apabila harga ditingkatkan maka kcpuasan konsumcn akan menurun. 4. Variabel kualitas pelayanan (x3) memperoleh koefiosien regrcsi scbcsar 0.463, dengan tanda perameter positif, kocfisien uji t sebcsar 7.260.Fenomcna ini mmberikan indikasi bahwa tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi prod_uk nyata pada taraf a 0.01 %. Scdangkan tanda parameter yang positif mcnunjukan apabila kualitaspelayanan lebih ditingkatkan, maka kcpuasan konsumcn meningkat, 5. Variabel promosi (X-t) memperoleh koefiosien rcgresi sebesar 0.295, dengan tanda perameter positif, koefisien uji t sebesar 3.316.Fenomena ini mmberikan indikasi bahwa tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi produk nyata pada taraf a 0.1 %. Sedangkan tanda parameter yang positif menunjukan apabi1a promos, lebih ditingkatkan , maka kepuasan konsumen meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:44
Last Modified: 05 Jul 2022 01:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23736

Actions (login required)

View Item View Item