ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TEH PT. SOSRO - TEGAL

AGUS, TRIONO (2003) ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TEH PT. SOSRO - TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
04986535_full text.pdf

Download (6MB)

Abstract

Bidang pemasaran sangat penting bagi kemajuan suatu perusahaan, untuk itu program pemasaran yang tepat sangat diperlukan bagi perusahaan yang ingin maju dan berkembang. Pemasaran dalam hal ini menyangkut segala aktivitas yang berhubungan dengan arus produk sejak dari tangan produsen ke tangan konsumen, serta menentukan pilihan dari altematif-alternatif pemasaran yang tersedia guna meningkatkan volume penjualan produk yang bersangkutan. Terdapat 4 (empat) kebijakan pokok pemasaran yaitu kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan promosi dan kebijakan distribusi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh produk terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro-Tegal. 2). Adakah pengaruh harga terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro - Tegal. 3) Adakah pengaruh promosi terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro- Tegal. 4) Adakah pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro - Tegal. 5) Adakah pengaruh produk, harga, promosi dan saluran distribusi secara bersama-sama terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro - Tegal Sedangkan pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan volume penjualan, yaitu produk, harga, promosi, saluran distribusi. Adapun data yang digunakan adalah data per semester dari tahun 1996 sampai dengan tahun 2001. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh antara produk terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro -Tegal. 2). Untuk mengetahui adakah pengaruh antara harga terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro - Tegal. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh promosi terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro - Tegal. 4) Untuk mengetahui adakah pengaruh saluran-distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro - Tegal. 5) Untuk mengetahui adakah pengaruh produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Teh Sosro-Tegal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pemasaran meliputi produk, harga, biaya promosi, biaya saluran distribusi dan besamya volume penjualan (rupiah) sejak perusahaan berdiri sampai sekarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah besarnya biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, yang meliputi besarnya produk, harga, biaya promosi, biaya saluran distribusi dan volume penjualan selama tahun 1996-2001 dengan tehnik pengambilan sampel secara quota sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan sifat-sifat atau ciri-ciri yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap variabel yang hendak diteliti. . Alat analisa yang digunakan dalam penelitian adalah : analisis uji Regresi Linier Berganda yang dibantu dengan program SPSS dalam perhitungannya dengan uji t dapat disimpulkan sebagai berikut: Berdasarkan uji t pada produk (X1) terhadap volume penjualan (Y) dengan tingkat kesalahan ( u) 0,05 diperoleb nilai t hitung 8,419 dengan signifikan = 0,000, berarti ada pengaruh yang signifikan antara produk terhadap volume penjualan dapat diterima, uji t pada harga (X2) terhadap volume penjualan (Y) dengan tingkat kesalahan (a) 0,05 diperoleh nilai t hitung -5,352 dengan nilai signifikan = 0,001, berarti ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap volume penjualan dapat diterima, uji t pada promosi (X3) terhadap volume penjualan (Y) dengan tingkat kesalahan (a) 0,05 diperoleh nilai t hitung 2,420 dengan signifikan = 0,046, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap volume penjualan dapat diterima, uji t pada saluran distribusi (Xa) terhadap produktivitas kerja (Y) dengan tingkat kesalahan (a) 0,05 diperoleh nilai t hitung 4,598 dengan signifikan = 0,002, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara saluran distribusi terhadap volume penjualan dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:49
Last Modified: 04 Jul 2022 01:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23628

Actions (login required)

View Item View Item