DAYA TARIK ATRIBUT PRODUK TEH BOTOL SOSRO DAN FRUIT TEA TERHADAP PEMBELI

MARDIANA, IKE (2001) DAYA TARIK ATRIBUT PRODUK TEH BOTOL SOSRO DAN FRUIT TEA TERHADAP PEMBELI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04976015_Fullteks.pdf

Download (17MB)

Abstract

Setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk rnenemukan apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan berusaha menghasilkan produk untuk dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Pada umumnya pemahaman suatu produk bagi perusahaan merupakan hal yang mudah karena perusahaan mengetahui dengan pasti apa yang ditawarkan. Akan tetapi perusahaan belum mengetahui atribut produk yang mana yang menjadi daya tarik bagi pembeli. Atribut produk ini merupakan dasar bagi pernbeli dalarn proses evaluasi penentuan keputusan pembelian atas suatu produk, yaitu melakukan evaluasi terhadap produk yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria evaluasi ini berbeda antara pembeli yang satu dengan pembeli yang lainnya. Diantara beberapa kriteria yang dianggap penting oleh pembeli atas suatu produk ada kriteria terpenting. Atribut terpenting inilah yang dianggap sebagai atribut paling penting menurut penilaian pembeli secara umum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah yang menyebabkan terjadinya penurunan penjualan ditinjau dari sikap pembeli terhadap atribut-atribut produk Fruit Tea (kemasan botol) dibandingkan Teh Botol Sosro (kemasan botol). Penelitian ini dibatasi pada Teh Botol Sosro dan Fruit Tea dengan atribut yang diteliti adalah rasa, harga, kemasan, kepraktisan dan kesegaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganal isis perbedaan sikap pembeli terhadap produk Teh Botol Sosro dan Fruit Tea serta mengukur tingkat kepercayaan pembeli terhadap atribut-atribut kedua produk tersebut. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sikap pembeli dengan model multi atribut, analisis uji beda kepercayaan pernbeli per atribut, serta dengan menggunakan test ranking bertanda wilcoxon. Atribut-atribut yang digunakan dalam penulisan ini adalah rasa, harga, kemasan, kepraktisan dan kesegaran. Berdasar basil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sikap pembeli terhadap daya tarik atribut produk Teh Botol Sosro lebih positif bila dibandingkan sikap pembeli terhadap daya tarik atribut produk Fruit Tea. Hal ini ditunjukkan skor sikap konsurnen terhadap Teh botol Sosro (1361) lebih besar daripada sikap konsumen terhadap Fruit Tea (979). Berdasarkan test ranking bertanda Wilcoxon diketahui bahwa pembeli percaya bahwa daya tarik atribut yaitu rasa, harga, kesegaran dan kepraktisan Teh Botol Sosro lebih tinggi daripada Fruit Tea, sedangkan untuk atribut kemasan Fruit Tea lebih tinggi daripada Teh Botol Sosro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:59
Last Modified: 04 Jul 2022 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23624

Actions (login required)

View Item View Item