ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BUKO DAN ALAT TULIS DI TOKO BUKU GRAMEDIA PANDANARAN SEMARANG

SETYAWAN, EDY (2004) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BUKO DAN ALAT TULIS DI TOKO BUKU GRAMEDIA PANDANARAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
042007162_full text.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dengan semakin banyaknya toko buku selain Gramedia di berbagai tempat memunculkan tingkat persaingan yang sangat ketat. Persaingan ini muncul sejalan dengan semakin meningkatnya daya beli dan berkembangnya kebutuhan serta selera konsumen. Kebutuhan clan selera konsumen sudah berkembang sedemikian rupa sehingga dengan kondisi yang ada, tennasuk perkembangan dalatn era globalisasi dewasa ini dunia usaha dihadapkan pada situasi dan kondisi yang cepat berubah, dimana setiap perusahaan dalam mencapai sasaran dan tuj uan harus dapat mengetahui atau menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi konsumen dengan harapan mencapai keberbasilan dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pelayanan, lokasi, kenyamanan dan kelengkapan barang secara parsial dan bersama­ sama terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di toko buku Gramedia Pandanaran Semarang ? . Adapun tuj uan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan, lokasi, kenyamanan clan kelengkapan barang secara parsial dan bersama-sama terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di toko buku Gramedia Pandanaran Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua individu atau konsumen yang mengunjungi toko buku Gramedia Pandanaran Semarang yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti ( tidak terbatas ). Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pengunjung atau konsumen yang mengunjungi toko buku Gramedia Pandanaran Semarang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode accidental sampling. Peneliti mengambil sampel sebesar 100 responden. Dalam penelitian ini alat analisa yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda, clan diperoleh basil sebagai berikut : Berdasarkan basil analisis dengan menggunakan persamaan regresi diperoleh persamaan regresi : ' Y = 5,084 + 0,260 X1 + 0,592 X2 + 0,295 X3 + 0,342 Xi 1. Pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli buku dan alat tulis di toko buku Gramedia Pandanamn Semarang, apabila variabel pelayanan naik satu satuan maka akan dapat meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli buku dan alat tulis dengan asumsi variabel yang lain konstan. 2. Lokasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli buku dan alat tulis di toko buku Gramedia Pandanaran Semarang, apabila variabel lokasi naik satu satuan maka akan dapat meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli buku dan alat tulis dengan asumsi variabel yang lain konstan. 3. Kenyamanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli buku dan alat tulis di toko buku Gramedia Pandanaran Semarang, apabila variabel kenyamanan naik satu satuan maka akan dapat meningkatkan keputusan konsumen untulc membeli buku dan alat tulis dengan asumsi variabel yang lain konstan. 4. Kelengkapan barang mempunyai pengaruh yang positif terbadap keputusan konsumen da1mn membeli buku dan alat nilis di toko buku Gramedia Pandanaran Semarang, apabila variabel kelengkapan barang naik satu satuan maka akan dapat meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli buku dan alat tulis dengan asumsi variabel yang lain konstan. Dari basil perhitungan model regresi diperoleh nilai Adjusted R Square = 0,668 atau 66,8%. Hal ini berarti bahwa 66,8% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel pelayanan, lokasi, kenyamanan dan kelengkapan barang, sedangkan sisanya sebesar 33,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tennasuk dalam variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:53
Last Modified: 04 Jul 2022 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item