HUBUNGAN ANTARA SIKAP PENERIMAAN KARYAWAN INDUSTRI ATAS PERUBAHAN STATUS KEPEMILIKAN PERUSAHAAN DARI MOSQUITO COIL GROUP KE PT. RECKITT BENCKISER INDONESIA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

Bahari Yanti, Nita (2004) HUBUNGAN ANTARA SIKAP PENERIMAAN KARYAWAN INDUSTRI ATAS PERUBAHAN STATUS KEPEMILIKAN PERUSAHAAN DARI MOSQUITO COIL GROUP KE PT. RECKITT BENCKISER INDONESIA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
072000160 full text.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perubahan adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari, dapat terjadi kapan saja dan tidak mengena1 dimensi ruang dan waktu. Sikap dan penenmaan karyawan atas perubahan yang terjadi dalam perusahaan tempat mereka bekerja akan mempengaruhi penampilan kerja mereka, yang pada akhimya akan bermuara pada basil kerja atau produktivitas kerja karvawan. Sikap penerimaan yang baik akan membantu seseorang untuk rnencapai produKtivitas ketja yang maksimal. · Hipotesis dalam penelittan ini adalah ada hubungan positif antara sikap penerimaan karyawan industri atas perubahan status kepemtlikan perusahaan dengan produktivitas kerja karyawan, Semakin positif sikap penerimaan yang climiliki karyawan atas perubahan status kepemilikan perusahaan maka semakin tinggi pula produktivitas kerja yang dihasilkannya. Subjek dalam penelitian ini berjunilah 100 orang. Sedangkan metode analisis data yang cligunakan dalam penelitiari ini adalah Metode Korelasi Pearson 's Product Moment. Metode tersebut dipakai karena data berbentuk kuantitatif dan setelah melalui uji asumsi nonnalitas diketahui bahwa data berdistribusi normal (Sulaiman, 2000). Berdasar basil analisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa ada hubungan antara sikap penerimaan karyawan atas perubahan status kepemilikan perusahaan dan produktivitas kerja karyawan, dengan koefisien korelasi sebesar 0.287 {p<0.01). Ini menunjukkan adanya hubungan yang lemah antara sikap penerimaan karyawan atas perubahan status kepemilikan perusahaan dengan prodiikfivitas kerja karyawan. Hubungan yang lemah antara kedua variabel penelitian tersebut dikarenakan banyaknya faktor-faktor lain yang juga mempengarulii produktivitas kerja karyawan selain faktor sikap penerinaam karyawan atas perubahan status kepemilikan perusahaan. Pada tahun 2000, Goleman mengemukakan pendapatnya bahwa kecerdasan emosi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan selain ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi produktivitas seperti yang dikemukakan oleh Ravianto (1992). Diantara faktor-faktor lain tersebut adalah Pendidikan, disiplin, motivasi, kesempatan berprestasi dan hubungan industrial pancasila. Dari hasil pene1itian ini pene1iti dapat mcmberikan saran untuk peneliti lain agar melakukan penelitian pada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi produktivitas kerja karyawan selain faktor sikap penerimaan karywan atas perubahan status kcpcmilikan perusahaan. Kata Kunci: Sikap Positif, produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:15
Last Modified: 07 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23497

Actions (login required)

View Item View Item