PERAN GUERILLA MARKETING UNTUK MENINGKATKAN SMEs PERFORMANCE

Auliansyah, Pramudya (2021) PERAN GUERILLA MARKETING UNTUK MENINGKATKAN SMEs PERFORMANCE. Other thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (564kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (737kB)
[img] Text
S1 Manajemen_30401700193_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi peran guerilla marketing dan product innovation untuk meningkatkan SMEs performance pada UMKM kuliner di Semarang. Permasalahan yang saat ini terjadi diberbagai pelaku UMKM adalah kurang maksimalnya strategi pemasaran yang diberikan dengan keterbatasan dalam permodalan. Kemampuan strategi pemasaran untuk beradaptasi dengan situasi baru dengan keterbatasan modal merupakan keterampilan yang sangat berguna dan tidak boleh diabaikan oleh para pebisnis. Sebagai tren bidang marketing, SMEs perfoemance memiliki peran yang sangat penting bagi para pelaku UMKM, oleh karena itu mereka harus mengerti strategi pemasaran baru yang potensial dengan modal sedikit yang disebut guerilla marketing. Upaya peningkatan SMEs performance dapat diterapkan juga dengan adanya ide-ide baru, produk / komoditas baru, teknologi baru, alur kerja, metode manufaktur baru, layanan baru, serta distribusi dan pengiriman baru yang disebut product innovation. Penelitian ini juga menguji peran market orientation sebagai penentu dari guerilla marketing dan product innovation. Metode yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah kepada 100 responden prlaku UMKM kuliner dengan karakteristik minimal 1 tahun bergekut dibidangnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui online (google form) dan offline (hard copy). Analisis data menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa market orientation memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap guerilla marketing, product innovation dan SMEs performance Jadi, market orientation, guerilla marketing dan product innovation berperan dalam meningkatkan SMEs performance pada UMKM di Kota Semarang. Kata Kunci : UMKM, SMEs Performance, Guerilla Marketing, dan Product Innovation

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:40
Last Modified: 27 Jun 2022 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23284

Actions (login required)

View Item View Item