ANALISIS PENGGUNAAN METODE VARIABEL COSTING DALAM PENENTUAN HAAGA POKOK PRODUK DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN TEGEL "HENRY" DI SRAGEN

DENY ADITYAS E.N, DENY ADITYAS E.N (1998) ANALISIS PENGGUNAAN METODE VARIABEL COSTING DALAM PENENTUAN HAAGA POKOK PRODUK DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN TEGEL "HENRY" DI SRAGEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (665kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (321kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (281kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (415kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (262kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (364kB)
[img] Text
04934403.pdf

Download (2MB)

Abstract

Informasi mengenai Harga Pokok Produk bermanfaat antara lain untuk menentukan Harga Pokok Persediaan produk jadi yang akan disajikan dalwn Neraca Perusahaan, untuk menentukan Harga Pokok Penjualan yang akan disajikan dalam Laporan Laba Rugi Perusahaan sebagai pengurang total hasil penjualan dan untuk membantu manajcmen dalam pengambilan keputusan, khususnya pengambilan keputusan jangka pendek. Untuk memperoleh informasi mengenai Harga Pokok tersebut, perlu penentuan Harga Pokok Produk. Dalam penentuan Harga Pokok Produk terdapat dua metode, yaitu : 1. Mctodc Full Costing, yaitu mctode penentuan Barga Pokok Produk yang membebankan seluruh biaya produksi, baik yang berperilaku tetap maupun variabel terhadap Harga Pokok Produk. 2. Metode Variable Costing, yaitu metode penentuan larga Pokok Produk yang hanya membebankan biaya-biaya produksi variabel saja terhadap pokok produk. Metode Full Costing merupakan metode pcnentuan Harga Pokok Produk yang dipakai untuk kepentingan pihak luar perusahaan. Penentuan Harga Pokok Produk metode Full Costing tersebut dipakai sebagai dasar dalam menyajikan Laporan Keuangan untuk pihak luar perusahaan. Sedang untuk membantu pengambilan keputusan bagi pihak intern perusuhaan, khususnya pengambilan keputusan jangka pendek, maka akan lebih cepat apabila didasarkan pada metode Variable Costing. Metode Variable Costing dibandingkan dengan metode Full Costing memiliki perbedaan dalam membebankan biaya produksi tetap. Pada metode Full Costing biaya produksi tetap termasuk bagian dari Harga Pokok Produk sehingga apabila terdapat persediaan produk yang belum terjual, biaya produksi tctnp tcrsehut masih melekat pada pcrsediaan Harga Pokok Produk yang bclum tcrjunl dan bclum dibcbankan sebagai biaya dalam Laporan Laba Rugi perusahaan pada periode yang bersangkutan. Adanyu pcrbedaan dalam membebankan Biaya Produksi Tetap pada metode Variable Costing tersebut, akan berpengaruh puda laba perusahaan yang disajikan. Pengaruh penentuan Harga Pokok Produk metode Variable Costing terhadap laba perusahaan terlihat dari adanya selisih laba bersih. Besarnya selisih laba bersih antara metode Full Costing dengan metode Variable Costing akan sama dengan selisih Binyn Produksi Tetap yaitu Biaya Overhead Pabrik Tetap yang melekat pada pcrscdiaan tcgel awal periode dcngan Biaya Overhead Pabrik Tetap yang melekat pada persediaan tegel akhir periode. Dengan demikian pengaruh penentuan Harga Pokok Produk metode Variable Costing terhadap laba perusahaan sebagai hcrikut : 1. Laba bersih metode Variabel Costing lebih besar dari pada laba bersih metode Full Costing apabila unit persediaan tegel awal periode lebih besar daripada unit persediaan tegel akhir periode. 2. Laba bersih metode Variable Costing lcbih kccil dari laba bersih mctode Full Costing apabila unit perscdiaan tcgel uwal periode lebih kecil daripuda unit persediaan tegel akhir periode. Bagi perusahaan, manfaat adanya Laporan Laba Rugi perusahaan metode Variable Costing adalah dapat menyediakan informasi mengenai Kontribusi Margin suatu Produk. Dengan tersedianya informasi mengenai Kontribusi Margin terscbut dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan produk mana yang perlu ditingkatkan dan produk mnna yang perlu dikurangi produksinya atau tetap dipertahankan produksinya karena penjuulannya bermanfaat bagi produk­ produk lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:47
Last Modified: 20 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23067

Actions (login required)

View Item View Item