STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

ZULFA, SEPTI AINI (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (991kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (724kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700107_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa selama pandemi covid-19 di SD Islam Sultan Agung 1 Semarang, meliputi strategi, kesulitan belajar, serta faktor penyebab kesulitan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan aspek penelitian, wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa dalam kegiatan belajar membacca Al-Qur’an khususnya pada siswa kelas V di SD Islam Sultan Agung 1 Semarang antara lain kesulitan belajar bacaan tajwid serta panjang pendek bacaan, keterbatasan signal saat melaksanakan kelas online. Faktor penyebab siswa kesulitan dalam belajar membaca Al-Qur’an ada dua yaitu faktor internal seperti rasa malas. Faktor eksternal seperti kurangnya dukungan dari orang tua dan lingkungannya untuk belajar membaca Al-Qur’an, yang mendukung siswa dalam belajar juga terdiri dari dua faktor, yaitu kaktor internal seperti kemauan dalam belajar dan faktor eksternalnya yaitu dukungan dari orang tua, adanya nilai tambahan serta motivasi dari guru. Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa selama pandemi covid-19 di SD Islam Sultan Agung 1 Semarang yaitu dengan mengadakan pantauan khusus kemudian memberikan motivasi dan pengarahan kepada siswa. Kata kunci: Strategi, Guru PAI, Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:25
Last Modified: 10 Jun 2022 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22913

Actions (login required)

View Item View Item