PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP KERUSAKAN/CACAT BARANG YANG DIBELI (STUDI KASUS PADA MARKETPLACE SHOPEE DAN BUKALAPAK)

Radhita Widorini, Alifia (2021) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP KERUSAKAN/CACAT BARANG YANG DIBELI (STUDI KASUS PADA MARKETPLACE SHOPEE DAN BUKALAPAK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (503kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301800035_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perlindungan hukum konsumen terhadap kerusakan/cacat barang yang dibeli pada studi kasus marketplace Shopee dan Bukalapak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konsumen dalam bertransaksi e-commerce melalui marketplace Shopee dan Bukalapak sudah mendapatkan haknya sebagai konsumen sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bentuk penyelesaian sengketa marketplace Shopee dan Bukalapak terhadap konsumen apabila terdapat kerusakan/cacat barang dan pertanggung jawaban marketplace Shopee dan Bukalapak terhadap kerugian yang dialami konsumen apabila terdapat kerusakan/cacat barang. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan yang dilakukan dengan mengidentifikasi hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan yaitu metode angket (kuesioner), yakni metode yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan kepada responden untuk menjawabnya yang dikirim melalui internet yang dijadikan sampel dalam suatu penelitian. Penelitian ini menggunakan google form. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan kesimpulan pertama yaitu hak konsumen dalam bertransaksi elektronik melalui marketplace Shopee dan Bukalapak menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen berdasarkan hasil analisa kuesioner bahwa responden sudah mendapatkan bentuk perlindungan konsumen berupa kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang/jasa. Simpulan kedua yaitu bentuk penyelesaian sengketa antara marketplace Shopee dan Bukalapak dengan konsumen terhadap kerusakan/cacat barang yang dibeli berdasarkan hasil analisa kuesioner bahwa pengguna marketplace Shopee dan Bukalapak lebih banyak yang menyelesaikan sengketa melalui non-litigasi berupa negosiasi. Simpulan ketiga yaitu pertanggung jawaban marketplace Shopee dan Bukalapak terhadap kerugian yang dialami konsumen apabila barang terdapat kerusakan/cacat berdasarkan hasil analisa kuesioner bahwa pengguna marketplace Shopee dan Bukalapak mendapat pertanggung jawaban berupa return/penukaran barang yang sebelumnya sudah dibeli dengan barang lainnya. Kata Kunci : Perlindungan konsumen, rusak/cacat, Shopee dan Bukalapak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:58
Last Modified: 07 Jun 2022 05:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22780

Actions (login required)

View Item View Item