PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK BADAN KREDIT KECAMATAN (BKK) DALAM MENJAGA KERAHASIAAN NASABAH (Studi kasus terhadap nasabah penyimpan di BKK Lasem)

Nadya Alifianti, Rafika (2021) PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK BADAN KREDIT KECAMATAN (BKK) DALAM MENJAGA KERAHASIAAN NASABAH (Studi kasus terhadap nasabah penyimpan di BKK Lasem). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (326kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301700274_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank mempunyai tanggung jawab atas rahasia nasabah agar bertumbuhnya kepercayaan masyarakat yang telah menggunakan jasa-jasa keuangannya karena bank adalah sebuah sistem keuangan yang terstruktur dengan baik dalam tingkat yang lebih tinggi. Bank juga merupakan sistem pembayaran yang paling mempunyai eksistensi dan mendapat kepercayaan dari masyarakat yang mempunyai kepentingan banyak. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap nasabah dan upaya bank Badan Kredit Kecamatan (BKK) dalam menjaga kerahasiaan nasabah bank BKK Lasem. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaitu dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami di lapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada permasalahan mengenai hal yang bersifat yuridis serta kenyataan yang ada. Metode pengumpulan data primer dengan studi lapangan dan pengumpulan data sekunder dengan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif merupakan salah satu dari jenis penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian Kualitatif. Perlindungan hukum terhadap kerahasiaan nasabah bank sudah diatur dalam Pasal 40 sampai dengan Pasal 46 Undang-Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Selain itu, pada Pasal 47 ayat (2) mengatur mengenai sanksi pidana yang berupa pidana penjara dan denda dikenakan kepada siapa saja yang memaksa bank atau pihak terafiliasi untuk memberikan keterangan sebagaimana dimaksud Pasal 40. Upaya bank Badan Kredit Kecamatan (BKK) dalam menjaga kerahasiaan nasabah bank BKK Lasem yaitu: membangun sistem Teknologi Informasi (TI) yang baik dan aman, setiap pegawai diberikan pendidikan yang memadai tentang kerahasiaan bank sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Perbankan, memberikan edukasi kepada setiap jajaran akan pentingnya menjada kerahasiaan nasabah. Upaya dalam rangka menjaga kerahasiaan nasabah di BKK Lasem nampaknya berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini dibuktikan dengan sampai saat ini belum pernah terjadi kebocoran data nasabah BKK Lasem. Kata Kunci: Bank, Perlindungan Hukum, Kerahasiaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:26
Last Modified: 07 Jun 2022 06:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22749

Actions (login required)

View Item View Item