ANTESENDEN RELIGIUS REPUTATION CULTURE MENUJU SUSTAINABLE QUALITY TOURISM DESTINATION

Wardhani, Windi Novia Ratri (2021) ANTESENDEN RELIGIUS REPUTATION CULTURE MENUJU SUSTAINABLE QUALITY TOURISM DESTINATION. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (653kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (606kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (935kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401700033_fullpdf.pdf

Download (9MB)

Abstract

Praktisi pariwisata mengakui objek heritage berkembang sedemikian rupa mengingat di dalamnya selain menyangkut warisan tangible menceritakan sisi intangible, seperti fitur budaya, tradisional dan religi. Tidak mengherankan banyak tujuan wisata saat ini menempatkan obyek warisan (heritage) sebagai pusat program pembangunan dan pengembangan kepariwisataan mereka. Pariwisata postmodern menekankan elemen ‘re-enchanting the world’ untuk mencari jawaban mengenai budaya warisan tradisional (adat istiadat & cara hidup maupun lainnya) sehingga menyebabkan produk budaya dan warisan menjadi perhatian utama sebagai sumber inovasi pengembangan destinasi. Kesenjangan teori dalam penelitian ini adalah pembahasan terkait peran budaya organisasi dalam peraihan sustainability yang didasarkan dengan nilai nilai religious belum banyak diteliti. Penelitian terdahulu telah membahas peran Corporate reputation dalam peraihan sustainability perusahaan akan tetapi, belum ada yang mengkaitkan reputasi dengan nilai nilai religious. Sehingga penelitian ini mengusulkan tentang model religius reputation culture sebagai jembatan dalam menjawab gap tersebut. Studi ini dibangun berdasarkan Historical Heritage Tourism yang diintegrasikan dengan resources based theory dengan fokus kajian religious reputation culture. Studi ini mengkaji secara teoritis dan empiris untuk mengembangkan model teoritikal dasar “religious reputation culture “ berbasis knowledge strategy menuju innovative strategy dan kinerja berkelanjutan destinasi wisata”. Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini, adalah Obyek dan destinasi wisata di Jawa Tengah sebanyak 516 obyek dan daya Tarik wisata Jumlah sampel yang diambil sebanyak 115 obyek wisata dengan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM AMOS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mewujudkan kinerja berkelanjutan destinasi wisata yang berkualitas di bangun oleh sifat agresif destinasi wisata dalam meraih peluang dan budaya bereputasi religius yang didukung dengan pengetahuan strategik. Sedangkan budaya bereputasi religius sendiri di bangun oleh kepemilikan pengetahuan strategik dengan dimensi ekploitasi dan eksplorasi pengetahuan. Destinasi wisata dapat menempatkan dirinya menjadi sebuah destinasi yang memiliki budaya reputasi religious untuk menjadi sebuah keunikan, ciri khas dan identitas destinasi yang kemudian menjadi sebuah asset strategic untuk bertahan dalam persaingan dan meraih sustainability dengan berbasis pada reputasi yang secara positif mempengaruhi citra destinasi wisata, membentuk persepsi nilai dan meningkatkan loyalitas wisatawan terhadap destinasi wisata. Kata Kunci : Wisata Peninggalan Sejarah; Pengetahuan Strategis, teori Pandangan Berbasis Sumber Daya, strategi inovasi; agresivitas; futurity; bereputasi religius; kinerja berkelanjutan destinasi wisata yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:43
Last Modified: 13 Jun 2022 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22726

Actions (login required)

View Item View Item