TANGGUNG JAWAB HUKUM ATAS WANPRESTASI YANG DI LAKUKAN OLEH PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA BENDA TIDAK BERGERAK ( Studi Kasus Rumah Kost di Perumahan Genuk )

PRASETIA WIRANTO, AGUS (2021) TANGGUNG JAWAB HUKUM ATAS WANPRESTASI YANG DI LAKUKAN OLEH PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA BENDA TIDAK BERGERAK ( Studi Kasus Rumah Kost di Perumahan Genuk ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (379kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301700025_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengingat manusia adalah mahkluk sosial maka sering terjadi seuah sewa menyewa benda tidak bergerak dan tidak bergerak, benda tidak bergerak adalah benda menurut sifatnya tidak bisa dipindahkan seperti sebuah rumah kost, kebutuhan masyarakat selalu mengalami kemajuan dan bertambah salah satu kebutuhan yaitu tempat tinggal atau sering disebut dengan rumah kost adapun tujuan penelitian ini untuk mengertahui wanprestasi dalam perjanjian sewa menyewa benda tidak bergerak di katakan telah terjadi.serta untuk mengetahui penyelesaian terhadap wanprestasi dalam perjanjian sewa menyewa benda tidak bergerak. Metode dalama penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian yuridis empiris, pendekatan penelitian yuridis empiris ini termasuk riset yang banyak dilakukan dengan kajian ilmu-ilmu sosial terhadap hukum sebagai gejala dan fenomena yang dapat diamanti. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Peneliti melakukan wawancara kepada narasumber bertujuan untuk menggali informasi mengenai perjanjian sewa menyewa rumah kost di genuk. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan sewa menyewa rumah kost di genuk diikat dengan perjanjian yang dapat terlaksana apabila prosedur atau tahapan-tahapan dapat dipahami dengan benar oleh para pihak, baik pihak yang menyewakan rumah kost dan pihak penyewa . Tanggung jawab hukum para pihak dalam pelaksanaan perjanjian sewa menyewa ruko dapat dilihat pada hak dan kewajiban para pihak, baik pihak yang menyewakan rumah kost maupun pihak penyewa. Wanprestasi yang terjadi di perumahan Genuk yaitu pihak debitur tidak melaksanakan kewajibanya tepat waktu seperti membayar uang sewa yang telah disepakati, fasilitas rumah kost yang disewakan tidak sesuai dengan keterangan awal sampai dengan adanya pihak debitur yang melarikan diri dalam keadaan belum membayar uang kost, dalam masalah tersebut Penyelesaian yang dilakukan para pihak apabila terjadi sebuah wanprestasi di perumahan Genuk dalam sewa menyewa secara umum dilakukan melalui non litigasi karena karena penyelesaian sengketa melalui musyawarah mufakat selalu berhasil dan mecapai perdamaian antara para pihak. Solusinya akan sengekta atau wanprestasi yaitu, Para pihak dalam membuat perjanian sewa menyewa rumah kost di Genuk lebih baik dilakukan secara tertulis agar benar-benar mengetahui hak dan kewajiban masing-masing pihak agar dapat mencegah terjadinya sebuah wanprestasi atau sengketa serta menjaga komunikasi antara pihak. Kata Kunci : Sewa Menyewa, Benda Tidak Bergerak, Wanprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:38
Last Modified: 06 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

View Item View Item