Perlindungan Hukum Bagi Pengguna Jasa Pengiriman Barang Atas Hilang, Rusak Atau Terlambatnya Barang Kiriman Ditinjau Dari Hukum Perlindungan Konsumen ( Studi Di PT.Pos Indonesia (Persero) Regional 6 Semarang )

Febri Kartika, Revi (2021) Perlindungan Hukum Bagi Pengguna Jasa Pengiriman Barang Atas Hilang, Rusak Atau Terlambatnya Barang Kiriman Ditinjau Dari Hukum Perlindungan Konsumen ( Studi Di PT.Pos Indonesia (Persero) Regional 6 Semarang ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (480kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (451kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301609763_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peraturan perundang-undangan yang menjadi landasan hukum untuk perlindungan hukum bagi pengguna jasa pengiriman barang adalah undang-undang NRI Tahun 1945 KUHPerdata No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum bagi pengguna jasa pengiriman barang atas hilang, rusak atau terlambatnya barang kiriman ditinjau dari hukum perlindungan konsumen diPT. Pos Indonesia (Persero) wilayah regional 6 semarang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah normative doctrinal yaitu pendekatan yang dikonsepsikan berdasarkan peraturan perundang-undangan.Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu dari hasil wawancara dengan responden, dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dengan responden yang mengetahui mengenai pokok permasalahan.Analisis data yang digunakan adalah dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Pengguna Jasa Atas Hilang, Rusak Atau Terlambatnya Barang Kiriman yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia Wilayah Regional 6 Semarang berupa aturan dan prosedur dalam pengiriman. 2. Hambatan dan Solusi atas kerugian jika disebabkan oleh PT. Pos Indonesia, mereka akan mengganti rugi ongkos kirim barang tersebut. Kata kunci : perlindungan hukum, jasa pengiriman barang, barang kiriman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:54
Last Modified: 06 Jun 2022 03:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22681

Actions (login required)

View Item View Item