ANALISA DAYAi DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASIi TIANGi PANCANG HASIL STANDART PENETRATION TEST (SPT) DAN KALENDERING ( STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG – DEMAK STA 20+700)

IsmoyoJati, Ridho and Prananda, Tegar Wahyu (2021) ANALISA DAYAi DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASIi TIANGi PANCANG HASIL STANDART PENETRATION TEST (SPT) DAN KALENDERING ( STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG – DEMAK STA 20+700). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (536kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (860kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (640kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (543kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (35MB)
[img] Text
Fulltext 30201700154.pdf

Download (40MB)

Abstract

Fondasi tiang pancang termasuki kedalam kategori fondasi dalam yang mempunyai fungsi memindahkan atau mentransfer beban kontruksi diatasnya ke lapisan tanah yang lebih dalam. Fondasi harus mampu menahan beban agar tidak mengalami penurunan sampai batas keamanan yangi telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung dan membandingkan daya dukung aksial fondasi tiang pancangi tunggal dari data SPT metode Mayerhoff, dan metode Ressei & Wright, hasil Kalendering metode Helley, metode Dutchi Formula, dan metode Engineering New Formula (ENF). Menghitung daya dukung lateral fondasi tiangi pancang metode Brooms. Dani menggunakan bantuan Program Plaxis 8.6 maupun AllPile. Sedangkan menghitung penurunan elastis yangi terjadi, menghitung penurunan tiang kelompok, dan efisiensi kelompok tiang pancang. Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang – Demaki STA 20 + 700. Berdasarkani hasil perhitungan daya dukungi aksial datai SPT kedalaman 44i m dengani metode Mayerhoff = 4444,42 Ton, Resse & Wright = 4449,17 Ton, data Kalendering metode Helley = 1330,142 Ton, Dutchi = 141,588 Ton, New Engineering Formula = 502,086 Ton. Hasil perhitungani daya dukung lateral metode Brooms = 1374,8 Ton. Hasil penurunan tiang tunggal diperoleh nilai Se(1) = 20,934 mm, Se(2) = 0,631 mm, Se(3) = 5,969 mm dengan total penurunan 27,541 mm. Perhitungan kelompok tiang pancang diperoleh nilai sebesar 0,17 mm. Untuk perhitungan elastisitas tiang didapat nilai sebesar 27,541 mm. Nilai efisiensi kelompok tiang dengan metode Converse-Labarre = 0,673. Hasil penurunan tiang menggunakan Plaxis 8.6 dilanjut AllPile didapat nilai sebesar 1,6 mm. Perbedaan daya dukung dan penurunan tersebut disebabkan oleh perbedaan tanah dan parameter yang digunakan dalam perhitugan. Kata Kunci : Tiang pancang, SPT, Kalendering, Daya Dukung, Penurunan, Plaxis 8.6, AllPile.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:07
Last Modified: 15 Mar 2022 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22312

Actions (login required)

View Item View Item