PENGARUH SMALL GROUP DISCUSSION ( SGD ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA

Ramadhanty, Shafilla (2021) PENGARUH SMALL GROUP DISCUSSION ( SGD ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (935kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH SMALL GROUP DISCUSSION ( SGD ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA 85 hal + 10 tabel + xv Latar Belakang : model pendidikan Indonesia pada era milenial masih menggunakan metode tradisional, metode lama yang digunakan kurang efektif untuk memaksimalkan hasil dari pembelajaran pada peserta didik. Metode pembelajaran harusnya dierbarui dengan metode yang lebih efektif dimana pesertadidik bertanggung jawab atas apa yang dipelajarinya dan tidak lagi bertumpu pada guru atau pemberi materi dalam kelas. Metode yang cocok yaitu metode SGD dimana metode ini dirasa mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode: penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-posttest Without Control Group, menggunakan purposive sampling sebanyak 28 responden. Hasil: Karakteristik responden berdasarkan usia didapatkan bahwa sebagian besar berumur 20 tahun yaitu sebanyak 21 orang dengan persentase 75%, dan yang berusia 21 tahun sebanyak 7 orang dengan persentase 25%. Responden kebanyakan adalah perempuan yaitu sebanyak 26 orang, dan semua responden merupakan mahasiswa semester 5. Pada penelitian ini didapatkan kemampuan pemecahan masalah sebelum intervensi dan setelah intervensi didapatkan rata-rata selisih yaitu 2,59 dimana hasil post test lebih tinggi disbanding dengan hasil pretestnya. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh setelah diberikan intervensi atau erlakuan. Simpulan: dalam penelitian ini dapat menjadi sumber informasi dan bahwa metode Small Group Discussion dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Kata Kunci : Small Group Discussion (SGD), Kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:17
Last Modified: 12 Jan 2022 04:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21977

Actions (login required)

View Item View Item