Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Lingkungan, Penerapan Green Accounting dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan

Fatmawati, Lilik (2021) Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Lingkungan, Penerapan Green Accounting dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (579kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan akuntansi lingkugan, Penerapan Green Accounting dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Nilai perusahaan merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan sehingga nilai perusahaan yang baik akan mencerminkan kesejahteraan para pemegang di perusahaan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan adalah dengan melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik agar investor tertarik untuk menanamkan modalnya. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bursa Malaysia pada periode 2017-2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada laporan keuangan dan laporan tahunan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bursa Malaysia periode 2017-2019. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa pengungkapan akuntansi lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, penerapan green accounting berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun pertumbuhan penjualan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaaan, hal tersebut dikarenakan pertumbuhan penjualan tidak mampu menaikkan nilai perusahaan. Ada perbedaan pengungkapan akuntansi lingkungan baik di perusahaan indonesia maupun dimalaysia. Namun penerapan green accounting, pertumbuhan penjualan dan nilai perusahaan memperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan baik di perusahaan Indonesia maupun di Malaysia. Hal ini dikarenakan perusahaan di Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan baik dari letak wilayah, kondisi lingkungan, hingga pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan penjualan di Indonesia dan Malaysia memiliki kesamaan yang dilihat dari kenaikan penjualannya sedangkan untuk green accounting baik perusahaan di Indonesia dan Malaysia masih belum banyak yang mengeluarkan biaya untuk kelestarian lingkungan yang masih dianggap akan mengurangi laba mereka. Oleh karena itu, baik perusahaan di Indonesia dan Malaysia tidak memiliki perbedaan dari segi pertumbuhan penjualan dan green accounting. Kata Kunci : Pengungkapan Akuntansi Lingkungan, Green Accounting, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:12
Last Modified: 12 Jan 2022 04:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21892

Actions (login required)

View Item View Item