HANIFATI, PRADHITA RIFKA (2021) PENENTUAN ULANG RUTE DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE CLARKE AND WRIGHT SAVING HEURISTIC (Studi Kasus : UD. Krisna Alumunium). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (525kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (644kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (649kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
UD Krisna Alumunium merupakan perusahaan industri mebel dengan bahan pokok alumunium dalam bentuk perabotan rumah tangga. Produk utama perusahaan tersebut adalah etalase. Perusahaan tersebut telah melakukan ekspansi pasar hingga ke berbagai daerah. Permasalahan distribusi pada UD Krisna Alumunium adalah pengaturan urutan pengantaran barang ke toko mitra yang akan didatangi, rute pendistribusian, kapasitas kendaraan, waktu kepergian dan kepulangan kendaraan. Perusahaan tersebut belum mempunyai sistem pendistribusian produk yang tepat dalam menentukan jalur distribusi ke toko mitra sehingga jarak pengiriman yang ditempuh kurang efektif dan belum mengoptimalkan kapasitas kendaraan. Hal ini mengakibatkan biaya distribusi menjadi kurang efisien. Dengan keterbatasan kendaraan yang dimiliki, produk yang diangkut belum dapat memaksimalkan kapasitas kendaraan dan belum optimalnya rute pengiriman karena perusahaan hanya mempercayakan kepada sopir dan kernet untuk mendistribusikan produknya. Solusi masalah pada UD Krisna Alumunium dapat menggunakan Vehicle Routing Problem dengan metode Clarke and Wright Saving Heuristic. Pengolahan data menggunakan metode ini menghasilkan rute distribusi dengan waktu penyelesaian rute 1 selama 4 hari dan rute 2 selama 5 hari dengan total jarak tempuh 12.403,6 km, utilitas kapasitas 88% dengan biaya sebesar Rp 20.181.620. Berdasarkan perhitungan penulis didapatkan kesimpulan bahwa metode yang digunakan dalam penelitian ini mampu menghemat biaya sebesar Rp 2.505.360 dengan persentase 11,04%. Kata Kunci : Vehicle Routing Problem, Clarke and Wright Saving Heuristic, Saving Matriks
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 04:05 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 04:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21816 |
Actions (login required)
View Item |