THE ROLE OF KNOWLEDGE CREATION TO IMPROVE SMES PERFORMANCE IN COVID-19 ERA BASED ON KNOWLEDGE ORIENTED LEADERSHIP AND VALUE OF KNOWLEDGE CONGRUENCE

Damayanti, Adelia Ika (2021) THE ROLE OF KNOWLEDGE CREATION TO IMPROVE SMES PERFORMANCE IN COVID-19 ERA BASED ON KNOWLEDGE ORIENTED LEADERSHIP AND VALUE OF KNOWLEDGE CONGRUENCE. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (428kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (976kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana peran knowledge creation melalui proses SECI (socialization, externalization, combination dan internalization) dalam meningkatkan SMEs performance. Pada era pandemi COVID-19 saat ini kegiatan bisnis berubah secara online. Perubahan mode bisnis online tersebut UKM dituntut untuk beradaptasi dengan cepat agar dapat bertahan dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Maka, dalam UKM diperlukannya pengetahuan yang cukup untuk menghadapi kondisi kritis sekarang ini. Penelitian ini mengusulkan suatu model yang berfokus pada knowledge creation yang diterapkan melalui proses SECI untuk meningkatkan kinerja UKM. Knowledge creation dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan update knowledge. Dalam berlangsungnya proses SECI tersebut diperlukan peran kepemimpinan yang berorientasi pada pengetahuan karena akan semakin efektif dan efisien dalam pembelajaran UKM. Dengan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman secara intens antar pemimpin dan anggotanya memunculkan relasi bisnis yang baik sehingga berdampak pada adanya value of knowledge congruence. Tingginya value of knowledge congruence tersebut dapat meningkatkan kinerja UKM karena lebih optimal dalam mencapai tujuan, visi dan misi yang sama. Sedangkan metode yang digunakan adalah jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 UKM di Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang, Pekalongan, Rembang, dan Jepara yang sudah beroperasi minimal lima tahun, menggunakan teknologi digital untuk aktivitas bisnisnya, memiliki omset paling sedikit dua puluh lima juta, dan memiliki karyawan paling sedikit 20 karyawan. Jenis data pada penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari sumber utama yaitu pemilik UKM melalui kuesioner dalam bentuk google form yang disebar secara langsung dan via WhatsApp, sedangkan data sekunder untuk memperoleh data UKM menurut Dinas Koperasi & UKM Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner dan kemudian akan dianalisis dengan teknik analisis statistik Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa knowledge oriented leadership memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap knowledge creation (SECI process). Pada knowledge creation, externalization dan internalization memberikan berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan socialization dan combination memberikan pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap value of knowledge congruence. Value of knowledge congruence mampu memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap SMEs performance. Dengan demikian, peran knowledge creation melalui SECI process secara keseluruhan dapat meningkatkan SMEsperformance. Kata kunci : Pandemi COVID-19, Knowledge Oriented Leadership, Knowledge Creation, SECI Process, Value Of Knowledge Congruence dan SMEsPerformance

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:01
Last Modified: 12 Jan 2022 04:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21813

Actions (login required)

View Item View Item