ANALISA PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK DENGAN METODE (NASA-TLX) NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRASI TASK LOAD INDEX DAN (CVL) CARDIOVASCULAIR LOAD (Studi Kasus Pada Gerai Alfamart Wolterwongsidi 3 Sedayu Tugu )

HUDA, SOLIKHUL (2020) ANALISA PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK DENGAN METODE (NASA-TLX) NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRASI TASK LOAD INDEX DAN (CVL) CARDIOVASCULAIR LOAD (Studi Kasus Pada Gerai Alfamart Wolterwongsidi 3 Sedayu Tugu ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (627kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (739kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Alfamart merupakan salah satu perusahaan atau salah satu gerai jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia perusahaan atau gerai ini umumnya menjual berbagai peroduk makan siap saji, buah-buahan,kosmetik dan minuman maupun kebutuhan barang hidup lainya. Lebih dari 300 produk makanan atau barang kebutuhan hidup lainya yang tersedia disini dengan harga yang bersaing, dengan memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Selain aturan, karyawan juga mengakui bahwa teguran yang selalu diberikan oleh pimpinan karyawan merasa pekerjaan yang dilakukannya kurang dihargai oleh pimpinan karena seringnya di tegur seperti teguran salah menaruh barang ditempat yang ditentukan atau salah dalam scan barang yang dibeli atau belum lancar melayani pelanggan tidak menawarkan produk atau menawarkan pembayaran kepada pelanggan. Dalam penyusunan barang harus tertata rapih sesuai tempat produk, dan produk yang harus didalam lemari pendingin di masukkan segera dan pengangkatan barang kedalam gudang yang begitu banyak dan berat dan penyortiran barang yang sudah expired maupun yang mendekati expired, yang mendekati expired itu akan di sortir kembali menjadi produk diskon dan demikian beban kerja tersebut sangat berpengaruh terhadapkinerja karyawan. Standar pekerjaan yang ditetapkan oleh perusahaan juga membebani karyawan seperti good looking terlihat menarik dipandang oleh pelanggan harus terus menggunakan make up pakaian yang ditetapkan tidak diperbolehkan menggunakan celana berwarna harus berwarna hitam dan biru dongker bagi yang berjilbab harus hitam sepatu yang digunakanpun ditentukan oleh perusahaan harus menggunkan sepatu snikers. Hal-hal seperti itulah yang membuat karyawan terbebani. Berdasarkan timbulnya beban kerja mental dengan adanya complain dari pelanggan maka di dapatkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode NASA-TLX dan metode CVL diperoleh nilai beban kerja mental pada masing-masing karyawan, yaitu Tri Handayani dengan skor sebesar 64,33 dimana berada dalam kategori sedang dan memiliki % CVL sebesar 9,15 dengan kategori tidak terjadi kelelahan, Ahmad Muhlisin dengan skor sebesar 81,93 dimana berada dalam kategori berat dan nilai CVL sebesar 31,42 dengan kategori diperlukan perbaikan, Ikke Wulandari dengan skor sebesar 56,93 dimana berada dalam kategori sedang dan nilai CVL sebesar 13,51 dengan kategori tidak terjadi kelelahan,, Dedy Nugroho dengan skor 87,33 dimana berada dalam kategori berat dan nilai CVL sebesar 20,83 dengan kategori tidak terjadi kelelahan, Supriyanto dengan skor 75,66 dimana berada dalam kategori sedang, Muhtar Kirom dengan skor 59,06 dimana berada dalam kategori sedang dan nilai CVL sebesar 33,28 dengan kategori diperlukan perbaikan, Vivi Nur Laili dengan skor sebesar 64,00 dimana berada dalam kategori sedang dan CVL sebesar 6,42 dengan kategori tidak terjadi kelelahan. Kata Kunci : Alfamart, Metode NASA-TLX dan Metode CVL

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:59
Last Modified: 12 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21769

Actions (login required)

View Item View Item