PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EDUMAT (EDUKASI MATEMATIKA) BERBASIS DIGITAL PADA MATERI BANGUN DATAR SEBAGAI PENDAMPING MUATAN MATEMATIKA SD

Nisa’, Farihatun (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EDUMAT (EDUKASI MATEMATIKA) BERBASIS DIGITAL PADA MATERI BANGUN DATAR SEBAGAI PENDAMPING MUATAN MATEMATIKA SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (512kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Farihatun Nisa’. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Edumat (Edukasi Matematika) Berbasis Digital Pada Materi Bangun Datar Sebagai Pendamping Muatan Matematika SD, Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I : Nuhyal Ulia, S.Pd.,M.Pd., Pembimbng II : Dr. Rida Fironika Kusumadewi, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar interaktif berbasis digital materi bangun datar. Kurangnya ketersediaan bahan ajar dan pemanfaatan teknologi terjadi pada jenjang Sekolah Dasar terutama pada muatan Matematika materi bangun datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan bahan ajar Edumat materi bangun datar muatan Matematika kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi 7 tahapan. Berdasarkan hal tersebut diperoleh hasil peneltian antara lain: (1) Tahap perancangan produk yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, perangkat pembuatan media dan desain produk. (2) Hasil produk, pada tahap ini menghasilkan produk bahan ajar berbasis digital dengan format (.apk). (3) Hasil uji coba produk yang meliputi validasi desain yang mendapatkan skor rata-rata 0,86 kriteria “Sangat Valid”,validasi instrumen angket respon guru dan siswa mendapatkan skor rata-rata 0,87 kriteria “Sangat Valid”, hasil uji coba skala kecil mendapatkan respon guru 46 kriteria ”Sangat Baik”, Sedagkan hasil respon siswa diperoleh rata-rata 43,3 kriteria “Sangat Baik”, dan uji skala besar diperoleh hasil respon guru 49 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil respon siswa diperoleh hasil 46,7 dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil, bahan ajar Edumat layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Edumat (Edukasi Matematka), bahan ajar digital, muatan Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:30
Last Modified: 12 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21510

Actions (login required)

View Item View Item