EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI LOGIKA

Ulum, Fathul (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI LOGIKA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ulum, Fathul. 2021. Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Quizziz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Logika. Skripsi.Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I Hevy Riski Maharani, M.Pd., Pembimbing II Dr.Imam Kusmaryono, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi Quizziz, Pemahaman Matematis Tingkat Pemahaman matematis siswa kelas XI- SMK Miftahul Ulum Boarding School tergolong belum optimal dikarenakan Motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa sehingga berdampak pada hasil belajar yang meningkat. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswi kelas XI-SMK Miftahul Ulum Boarding School dengan jumlah 20 peserta dengan mengambil materi Logika Matematika pada tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif . Objek dari penelitian ini adalah keefektivan aplikasi Quizziz dalam pembelajaran. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, Dokumentasi dan Hasil belajar siswa, teknik yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, daan Uji N Gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa meningkat sehingga berdampak kepada Pemahaman matematis siswa pada pelajaran matematika materi Logika Matematika pada kelas XI-SMK Miftahul Ulum Boarding School tahun 2021 menjadi ikut meningkat, dan (2) Pembelajaran dengan menggunakan media bantuan aplikasi Quizziz efektif terhadap hasil belajar siswa atau meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi logika matematika pada kelas XI SMK Miftahul Ulum Boarding School. Keefektifan tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent simple t-test dengan nilai 0,014 < 0,05 Maka H_O ditolak dan H_a diterima , yang berarti ada perbedaan pada nilai rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil pada Uji N-Gain juga menunjukan hal yang sama yaitu mendapatkan nilai 0,3610 pada kelas kontrol dengan kriteria sedang dan 0,3860 pada kelas eksperimen dengan kriteria sedang. Hasil perhitungan menunjukan H_O ditolak dan H_a diterima. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk bapak ibu guru dapat menggunakan media pembelajaran yang sebagai alat bantu dalam pembelajaran agar motivasi belajar siswa meningkat sehingga pemahaman matematis siswa ikut meningkat dan dibuktikan dengan hasil belajar yang lebih baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:30
Last Modified: 12 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item