STUDENTS’ PERCEPTIONS ON THE USE OF ENGLISH AS A MEDIUM OF INSTRUCTION (EMI) IN ENGLISH CLASS: A CASE ON THE ELEVENTH GRADE OF SOCIAL CLASS AT SMAN 2 SEMARANG ACADEMIC YEAR 2020/2021

JAYANTI, ARNILA (2021) STUDENTS’ PERCEPTIONS ON THE USE OF ENGLISH AS A MEDIUM OF INSTRUCTION (EMI) IN ENGLISH CLASS: A CASE ON THE ELEVENTH GRADE OF SOCIAL CLASS AT SMAN 2 SEMARANG ACADEMIC YEAR 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (719kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (721kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jayanti, A. (2021). Students’ Perceptions on the Use of English as a Medium of Instruction (EMI) in English Class: A Case on the Eleventh Grade of Social Class at SMAN 2 Semarang Academic Year 2020/2021. A Final Project. English Education Study Program. Languages and Communication Science Faculty, Sultan Agung Islamic University. Advisor: Huyi Intan Sari, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini adalah tentang persepsi siswa tentang penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar (EMI) di kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan kasus pada siswa kelas XI kelas IPS di SMAN 2 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Kemudian metode penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif yang difokuskan pada perhitungan statistik sederhana. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar adalah positif. Karena melalui pengaplikasian Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar (EMI), siswa dapat belajar dan menggunakan kemampuan Bahasa Inggris secara langsung. Selain itu, siswa menyatakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar (EMI) dapat meningkatkan pemahaman materi dalam pelajaran Bahasa Inggris. Namun demikian, para siswa menyampaikan bahwa agar penerapan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar efektif, penerapannya harus dalam Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar (EMI) parsial atau dalam campuran bahasa Inggris dan L1 (Bahasa Indonesia) dan bukan hanya dalam Bahasa Inggris. Alasan siswa mengapa mereka memilih campuran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia daripada hanya dalam Bahasa Inggris adalah jika guru hanya menggunakan Bahasa Inggris, siswa terkadang merasa sulit untuk memahami penjelasan guru. Sehingga dalam pengaplikasian Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, siswa menginginkan persentase penggunaan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia adalah 50% dalam Bahasa Inggris dan 50% dalam Bahasa Indonesia. Keywords: Persepsi, Persepsi Siswa, Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, Pelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:28
Last Modified: 12 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item View Item