PENYELESAIAN SENGKETA PERTANAHAN MELALUI MEDIASI DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN PATI (Studi Kasus Sengketa Tanah di Desa Sumbersari Kecamatan Kayen Kabupaten Pati)

NAUFAL, FAHRIAN (2021) PENYELESAIAN SENGKETA PERTANAHAN MELALUI MEDIASI DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN PATI (Studi Kasus Sengketa Tanah di Desa Sumbersari Kecamatan Kayen Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (615kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (300kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (338kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (514kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (378kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mediasi yang dilakukan oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Pati dalam menyelesaikan Sengketa Pertanahan. Kendala dan solusi Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pati dalam mengatasi penyelesaian sengketa pertanahan di desa sumbersari kecamatan kayen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian hukum yang menggunakan data primer sebagai data awalnya yang kemudian dilanjutkan dengan data sekunder. Spesifikasi deskriptif, jenis dan sumber data diambil dari data wawancara dan penelusuran data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan datanya menggunakan studi data kepustakaan dan studi lapangan. Metode analisis data deskriptif analisis. Meneliti efektivitas suatu undang-undang dan mencari hubungan (korelasi) antara berbagai gejala atau variabel sebagai alat pengumpul datanya yang terdiri dari studi dokumen, pengamatan (observasi), dan wawancara mengenai Penyelesaian sengketa tanah. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) Upaya mediasi yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Pati meliputi tahap (a) Melakukan pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan dilapangan terhadap Surat tuntutan, (b) Memanggil para pihak yang bersengketa, (c) Mengadakan musyawarah antara pihak yang bersengketa untuk mendapatkan solusi terbaik untuk menyelesaikan sengketa tersebut. (2) Dalam penyelesaian sengketa tanah melalui mediasi, Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pati menghadapi berbagai kendala-kendala baik dari kendala eksternal dan kendala internal,yaitu : kendala eksternal antara lain (a) Ketidakhadiran para pihak yang bersengketa, (b) tidak ada iktikad baik dari masing-masing pihak yang bersengketa, (c) perbedaan kemampuan dan Pendidikan diantara para pihak, dan kendala yang berasal dari internal adalah aturan yang dianggap memperlambat proses penyelesaian sengketa, Karena ranah Kantor Pertanahan sebagai mediator tidak bisa sebagai pemutus/pengadil. Sedangkan solusi dari kendala eksternal adalah Kantor Pertanahan Kabupaten Pati mengatasinya dengan solusi. Sedangkan Solusi dari kendala eksternal dengan cara : (1) mengupayakan mediasi lebih dari sekali pertemuan, (2) menegaskan perihal iktikad baik kepada para pihak yang bersengketa dalam melakukan mediasi, (3) mempersilahkan para pihak untuk didampingi oleh orang terpercaya demi membantu menyampaikan argumentasi dan bukti-bukti. Sedangkan solusi dari kendala internal solusi adalah dengan menunjuk mediator yang siap secara pengetahuan dan kemampuan. Kata Kunci : Mediasi, Penyelesaian, Sengketa Pertanahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:05
Last Modified: 12 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21212

Actions (login required)

View Item View Item