HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIKUM FARMAKOGNOSI SISWA KELAS XI DI SMK X SEMARANG

Wilandari, Jefriyani MujiAsih (2020) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIKUM FARMAKOGNOSI SISWA KELAS XI DI SMK X SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (630kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menguji hipotesis pengaruh kepercayaan diri dan dukungan sosial guru terhadap prestasi belajar praktikum farmakognosi pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Partisipan penelitian ini yaitu 153 siswa kelas XI, siswa 93 untuk uji coba alat ukur dan 60 siswa untuk uji hipotesis. Tiga instrument pengukuran dalam penelitian ini yaitu skala kepercayaan diri (internal konsistensi α = 0.891), skala dukungan sosial guru (internal konsistensi α = 0.910), dan prestasi belajar menggunakan traskrip nilai murni. Hasil uji regresi linear ganda pada hipotesis pertama menunjukan ada pengaruh antara kepercayaan diri dan dukungan sosial guru dengan prestasi belajar (R = 0,429; F = 21.443); taraf signifikannsi 0,000 (p>0,05). Hasil analisis korelasi parsial hipotesis kedua menunjukan ada korelasi antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar (rx1y= 0,481); taraf signifikansi 0,00 (p<0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar. Hasil uji korelasi parsial pada hipotesis ketiga menunjukan ada korelasi antara dukungan sosial guru dengan prestasi belajar (rx2y= = 0,555); taraf signifikansi 0,00 (p<0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara dukungan sosial guru dengan prestasi belajar praktikum farmakognosi pada siswa. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Dukungan Sosial Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:12
Last Modified: 07 Jan 2022 07:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21128

Actions (login required)

View Item View Item