FALAH, CHOIRUL (2021) PENDIDIKAN AL QUR’AN DI USIA TUA (Studi Kasus Pendidikan Tahfizh Qur’an Di Ma’had Tahfizh Ibnu Katsir, Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (782kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (814kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (776kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (749kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (676kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Choirul Falah: Pendidikan Al Qur’an di Usia Tua (Studi Kasus Pendidikan Tahfizh Al Qur’an di Ma’had Tahfizh Ibnu Katsir, Semarang). Semarang: Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNISSULA Tahun 2021. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Program Menghafal Al Qur’an di Usia Tua, Langkah-langkah dan Penilaiannya di Ma’had Tahfizh Ibnu Katsir, Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana Program Menghafal Al-Qur’an di Usia Tua, Langkah-langkah Program dan Penilaian Program di Ma’had Tahfizh Ibnu Katsir, Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di Ma’had Tahfizh Ibnu Katsir Semarang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan menggunakan analisis data yang selanjutnya ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, program Tahfizh di usia Tua di Ma’had Tahfizh Ibnu Katsir sudah cukup baik. Dengan indikasi pada Program Mubtadiin dan Takmili, santri-santri Usia Tua bersungguh-sungguh dalam kegiatan belajar dan pada saat menghafal juga bersungguh-sungguh. Langkah-langkah yang ditempuh santri usia Tua juga sudah efektif, karena santri diajarkan dari awal tentang Makhorijul Huruf, Cara membacanya dengan kaidah Tajwid yang benar, setelah baik membacanya baru diarahkan ke Tahfizh. Penilaian pada pembelajaran Program tahfizh di usia Tua juga sudah baik karena pada program Mubtadiin dan Takmili setiap selesai 1 jilid kitab diadakan evaluasi dan ini lebih mengikat ingatan santri Tua yang mudah lupa. Kemudian pada saat setoran menghafal selalu ada evaluasi yaitu mengulang setoran lama dan muroja’ah seluruh hafalan. Kata Kunci: Pendidikan Al Qur’an, Menghafal Al Qur’an, Usia Tua.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:01 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 07:01 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20926 |
Actions (login required)
View Item |