ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG

Ulfah, Rina Mariana (2021) ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (474kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (259kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (283kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (336kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS terhadap kualitas pelayanan farmasi oleh Tenaga Teknis Kefarmasian ataupun Apoteker di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. Jenis penelitian ini analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan jumlah responden sebanyak 150 pasien yang terdiri dari 100 pasien BPJS dan 50 pasien Non BPJS dengan teknik pengambilan systematic sampling. Data diperoleh dari instrumen berupa kuesioner sebanyak 19 pertanyaan yang terdiri dari lima dimensi kepuasan pasien yaitu Tangible (bukti fisik), Reliability (reliabilitas), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati). Data diolah menggunakan uji statistik mann-whitney dengan p-value < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien yang dilakukan di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai p-value 0,062. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. Kata kunci: kepuasan pasien, kualitas pelayanan, pasien BPJS dan Non BPJS, Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:53
Last Modified: 16 Dec 2021 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20893

Actions (login required)

View Item View Item