Firdayanti, Apriliana (2021) DENTAL HEALTH EDUCATION YANG EFEKTIF PADA ANAK DISABILITAS RUNGU DALAM MENJAGA ORAL HYGIENE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (381kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (811kB) |
Abstract
Latar Belakang: DHE adalah suatu aktivitas yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang untuk memiliki kebiasaan perilaku yang lebih baik. Kegiatan DHE tidak hanya diperlukan untuk anak-anak normal saja, tetapi anak dengan kondisi keterbatasan fisik, salah satunya yaitu anak disabilitas rungu. Disabilitas rungu adalah kondisi seseorang yang mempunyai kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar dengan baik karena tidak berfungsinya alat pendengarannya. Dalam beberapa tahun terakhir, DHE untuk anak disabilitas rungu telah menjadi fokus perhatian untuk meningkatkan kualitas hidup anak tersebut. Namun, hingga saat ini masih jarang ada literature review yang membahas terkait hal ini. Tujuan: Mengetahui dental health education yang efektif untuk anak disabilitas rungu, dan juga untuk mengetahui prevalensi OHI-S pada anak disabilitas rungu. Metode: Literature Review dengan melakukan pencarian literatur menggunakan beberapa data base yaitu Google Scholar, PubMed, dan NCBI. Pencarian literatur tersebut yang membahas tentang dental health education yang efektif untuk anak disabilitas rungu dalam menjaga oral hygiene. Hasil: Hasil pencarian literatur jurnal dari data base di atas di screening dan ditemukan sebanyak 120 jurnal, kemudian jurnal tersebut dikaji lagi yang memenuhi kriteria inklusi dan yang masuk ke kriteria eksklusi. Total referensi jurnal yang digunakan pada literature review ini adalah sebanyak 38 jurnal. Kesimpulan: Media video animasi dan buku cerita bergambar efektif digunakan dalam DHE disabilitas rungu. Nilai OHI-S anak disabilitas rungu masuk dalam kategori sedang hingga buruk. Kata kunci: dental health education, hearing impaired.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 06:34 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 06:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20823 |
Actions (login required)
View Item |