PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QURAN (Studi Kasus di MTs Yasua Demak)

NIDAK, IQBALIN (2021) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QURAN (Studi Kasus di MTs Yasua Demak). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (672kB)

Abstract

Abstrak Nidak, Iqbalin. 2021. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Baca Al-Quran Studi Kasus di MTs Yasua Demak. Tesis. Semarang: Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam. Program Pasca Sarjana UNISSULA Semarang, dibimbing oleh: Prof. Dr. H, Djamaluddin Darwis, M.A. dan Drs. H. Ali Bowo Tjahjono, M.Pd. Pembelajaran baca Al-Quran sangatlah penting bagi umat Islam khususnya di era sekarang, melihat kondisi anak anak jaman sekarang yang semakin jauh dari Al-Quran karena lebih dekat dengan gadgetnya. Pentingnya Pembelajaran baca Al-Quran ini menuntut para pendidik untuk selalu progresif dan aktif dalam menentukan metode pembelajaran yang sesuai dan relevan dengan lingkungan serta kondisi peserta didik, salah satu metode itu adalah metode demonstrasi sebagai cara belajar baca Al-Quran yang membuat suasana kegiatan belajar mengajar lebih aktif dan menarik, tentunya hal ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam bidang baca Al-Quran dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik tidak lagi mengalami kesalahan dalam membaca Al-Quran. Madrasah yang menerapkan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu Mts Yasua Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk; mengetahui perencanaan pembelajaran baca Al-Quran dengan metode demonstrasi di MTs Yasua Demak, mengetahui pelaksanaan pembelajaran baca Al-Quran dengan metode demonstrasi di MTs Yasua Demak serta mengetahui penilaian pembelajaran baca Al-Quran dengan metode demonstrasi di MTs Yasua Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian secara kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang sudah dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak sesuai, memaparkan data dan akhirnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perencanaan pembelajaran baca Al-Quran dengan metode demonstrasi berpedoman pada RPP yang sudah dipersiapkan oleh guru pendidik sebelumnya berlangsung dengan baik. (2) pelaksanaan pembelajaran baca Al-Quran dengan menggunakan metode demonstrasi berlangsung dengan efektif karena guru sudah melaksanankan metode pembalajaran sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan. (3) penilaian pembelajaran baca Al-Quran dengan metode demonstrasi berjalan dengan baik karena dilaksanakan di setiap akhir materi secara kontinu. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran, Baca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:33
Last Modified: 07 Jan 2022 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20798

Actions (login required)

View Item View Item