NASIKHIN, NASIKHIN (2020) ANALISIS PERUBAHAN DESAIN PEKERJAAN JEMBATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
daftar isi.pdf Download (298kB) |
|
Text
cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (221kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (216kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (511kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
Abstract
Pekerjaan jembatan di Jawa Tengah dalam pelaksanaannya banyak mengalami perubahan desain, baik berasal dari pemilik pekerjaan, perencana, kontraktor maupun eksternal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab perubahan desain, urutan faktor penyebab perubahan desain, komponen jembatan yang mengalami perubahan desain dan solusi penanganan masalah perubahan desain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisa deskriptif. Dalam pengambilan sampel pada penelitian ini digunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan desain dari pemilik (terjadi perubahan pekerjaan pada saat proses penawaran, adanya penundaan, kebijakan pimpinan penambahan lingkup pekerjaan, percepatan waktu pekerjaan), dari perencana (perubahan desain utama, waktu yang singkat dalam perencanaan, adanya salah desain, kurang informasi pada saat perencanaan, perbedaan antara gambar dan spesifikasi, perubahan aturan baru sehingga memerlukan penyesuaian), dari kontraktor ( ketidaktepatan jadwal rencana, kegagalan kinerja kontraktor, ketersediaan alat kontraktor, perubahan metode kerja, metode kerja yang kurang tepat, perbedaan interpretasi antara pemilik pekerjaan dan kontraktor), dari eksternal (cuaca yang tidak menentu, perubahan fisik yang tidak diduga, pemogokan kerja, hambatan mobilisasi alat). Urutan faktor penyebab perubahan desain adalah ketidak tepatan jadwal rencana, perbedaan interpretasi antara pemilik pekerjaan dan kontraktor, kegagalan kinerja kontraktor, kurang lengkapnya detail perencanaan, metode kerja yang kurang tepat, ketersediaan alat kontraktor, waktu yang singkat dalam perencanaan, kurang informasi pada saat perencanaan, penambahan lingkup pekerjaan, perubahan aturan baru sehingga memerlukan penyesuaian, perubahan metode kerja hambatan mobilisasi alat, cuaca yang tidak menentu, percepatan waktu penyelesaian, terjadi perubahan pekerjaan pada saat proses penawaran, perbedaan antara gambar dan spesifikasi, perubahan desain utama, adanya kesalahan desain, adanya penundaan, perubahan fisik yang tidak dapat diduga, kebijakan pimpinan, pemogokan tenaga kerja. Komponen jembatan yang sering mengalami perubahan desain adalah perubahan pada panjang pondasi, perubahan pada dinding penahan tanah, perubahan pada bangunan pelengkap, perubahan pada layout pondasi, perubahan jenis pondasi, perubahan pada penulangan abutmen, perubahan pada dimensi abutmen. Solusi penanganan masalah perubahan desain adalah dengan percepatan perubahan desain, melaksanakan addendum kontrak yang telah ditetapkan, penjadwalan ulang untuk penyesuaian dengan item baru, optimalisasi pada pekerjaan utama. Kata kunci: perubahan desain, faktor penyebab, jembatan, komponen jembatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20534 |
Actions (login required)
View Item |