TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH SECARA TUNAI BERTAHAP DAN PROBLEMATIKANYA (Studi Kasus PT. Kawasan Margorejo Persada Kabupaten PATI)

ADILANSYAH, FAHMI (2020) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH SECARA TUNAI BERTAHAP DAN PROBLEMATIKANYA (Studi Kasus PT. Kawasan Margorejo Persada Kabupaten PATI). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (633kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (205kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (436kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (463kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Perjanjian pada umumnya dibuat dengan tujuan yang beraneka macam, salah satunya adalah dengan perjanjian jual beli rumah.perjanjian jual beli rumah ini diberikan atas dasar kepercayaan, dimana pemberi kredit (kreditur) percaya bahwa tagihan pembayaran rumah akan diberikan kepada penerima kredit (debitur) pasti akan dibayarkan. Apabila debitur tidak dapat melunasi tagihan pembayaran rumah maka dapat dikatakan ia melakukan wanprestasi atau ingkar janji. Untuk mengantisipasi terjadinya wanprestasi dalam perjanjian jual beli rumah maka di perlukan adanya kesepakatan antara pihak pengembang dengan konsumen untuk menjamin pelaksanaan perjanjian jual beli rumah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penyelesaian wanprestasi didalam pelaksanaan perjanjian jual beli rumah secara tunai bertahap di PT. Kawasan Margorejo Persada Kabupaten Pati. Permasalahan diatas dikaji dengan menggunakan metode penelitian hukum yuridis normative, yang artinya bahwa peneltian hukum dilakukan dengan meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk meneliti, yang dilakukan dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan-peraturan serta literature-literatur yang berkaitan dengan pelaksanaan perjanjian jual beli rumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif karena memberikan gambaran secara jelas dan mendetail mengenai proses pelaksanaan perjanjian jual beli rumah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perjanjian jual beli rumah adalah pertama mendatangi kantor pemasaran pihak pengembang dan melakukan survey lapangan serta memilih type rumah dan lokasi yang strategis. Kemudian pihak konsumen memilih metode pembayaran yang akan digunakan untuk melunasi tagihan rumah tersebut, setelah memilih metode pembayaran pihak konsumen akan di arahkan oleh admin kantor pemasaran untuk melakukan kesepakatan dengan pihak pengembang dengan melakukan perjanjian jual beli rumah. Apabila sudah terjadi kata sepakat maka salah satu pihak tidak dapat membatalkan kesepakatan tersebut dan pihak konsumen diwajibkan untuk membayar dan melunasi tagihan yang sudah di sepakati sebelum nya. Kata Kunci : Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Rumah, Wanprestasi, Metode Pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:05
Last Modified: 21 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

View Item View Item