TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP CONSUMER REVIEWS DI MEDIA SOSIAL

KAMALIYA, NILNA (2020) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP CONSUMER REVIEWS DI MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (341kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (422kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (576kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Internet menjadi bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat, dalam perdagangan, jual beli, bersosial, berita, dan bertukar informasi atau lainya. Penggunaan internet telah mengubah pandangan manusia dalam kegiatan bisnis, industri, dan transportasi. Kegiatan tersebut yang awalnya dilakukan secara fisik kini bergeser menjadi e-commerce. Dalam hal bersosial masyarakat sering menggunakan media sosial untuk mengetahui berita-berita terbaru dan mendapatkan referensi. Dengan menggunakan media sosial, konsumen dapat menyalurkan pendapat, kritik dan saran mereka terhadap produk barang ataupun jasa yang dikonsumsinya kepada pelaku usaha dalam berbagai bentuk. Salah satunya berupa review (tinjauan) produk barang ataupun jasa yang dituangkan melalui foto atau video. Sistem review online yang memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memberikan ulasan dan opini tentang sebuah produk atau jasa, mengakibatkan calon konsumen lain memiliki informasi yang cukup sebelum memilih produk. Namun ada beberapa pelaku usaha yang menganggap negatif kegiatan review tersebut. Banyak konsumen yang terlibat kasus hukum karena dinilai melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yaitu mencemarkan nama baik perusahaan. Tujuan dilakukannya studi ini adalah untuk menganalisis bahwa review merupakan salah satu media penyampaian pendapat dan keluhan konsumen dan bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen yang melakukan review produk barang atau jasa di media sosial, serta apa saja kendala konsumen dalam melakukan review terhadap suatu produk barang ataupun jasa yang baik di media sosial dan solusinya. Melalui penelitian hukum normatif dengan menggunakan spesifikasi penelitian bersifat deskriptif dan menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, berupa Perundang-Undangan dan berbagai literatur yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa review merupakan media yang efisien untuk menuangkan pendapat, kritik dan saran konsumen dari penggunaan produk barang atau jasa yang dibatasi oleh dan berdasarkan Undang-Undang dengan memperhatikan norma dan penghormatan terhadap hak orang lain. Bentuk perlindungan hukum yang diberikan ialah Pasal 4 huruf c dan huruf d UU PK, Pasal 28 ayat 1 UU ITE, Pasal 23 ayat (2) UU HAM, dan Pasal 19 ayat (2) Kovenan Hak Sipil Dan Politik. Kendala konsumen dalam melakukan review yaitu; Kebebasan pelaku usaha menuntut balik konsumen dengan pencemaran nama baik, inkonsistensi perlindungan hukum bagi konsumen, dan suburnya kejahatan konsumen. Solusi untuk konsumen yang memberikan kritik dan saran atau me-review produk barang atau jasa yaitu dalam menyampaikan review harus dibatasi oleh dan berdasarkan Undang-Undang yaitu Pasal 28 J ayat (2) UUD 1945, Pasal 23 ayat (2) UU HAM, dan Pasal 73 UU HAM, serta dengan memperhatikan norma, etika dan penghormatan terhadap hak orang lain. Kata kunci : Internet, Konsumen, Review, Media Sosial, Informasi dan Transaksi Elektronik .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:02
Last Modified: 11 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20343

Actions (login required)

View Item View Item