THE ROLE OF SOCIAL MEDIA ORIENTATION TO IMPROVE RELATIONSHIP QUALITY AND INNOVATION PERFORMANCE IN SME’S

Damayanti, Adelia Ika (2020) THE ROLE OF SOCIAL MEDIA ORIENTATION TO IMPROVE RELATIONSHIP QUALITY AND INNOVATION PERFORMANCE IN SME’S. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (439kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (764kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran social media orientation terhadap kualitas hubungan dan kinerja inovasi melalui inter organizational knowledge sharing pada UKM. Banyaknya jumlah UKM di Indonesia terutama Jawa Tengah membuat kegiatan bisnis berkembang melalui teknologi. Pada era digital sekarang ini kebanyakan kegiatan bisnis berubah melalui internet, terutama sosial media. Maraknya penggunaan sosial media menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi UKM untuk mencari hingga menjaga hubungan baik dengan pelanggan maupun UKM lainnya. Dengan akses yang mudah, jaringan yang luas, dan cepat, sosial media akan dapat memberikan dampak yang positif dan menguntungkan bagi para pelaku UKM. Maka dari itu, sosial media dapat berperan dalam inter organizational knowledge sharing mengenai UKM untuk menghasilkan relationship quality yang baik dengan pelanggan maupun UKM lain yang se- industri didasari oleh value congruence-nya serta akan meningkatkan innovation performance UKM. Penelitian ini bersifat explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah UKM di Jawa Tengah, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel acak yang mengambil 109 sampel UKM yang telah menggunakan social media selama 1 tahun untuk mengembangkan bisnis mereka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada social media orientation terhadap inter organizational knowledge sharing, sedangkan inter organizational knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap relationship quality dan innovation performance, serta value congruence juga dapat memoderasi hubungan antara inter organizational knowledge sharing dan relationship quality. Kata Kunci : Social Media Orientation, Inter Organizational Knowledge Sharing, Value Congruence, Relationship Quality, Innovation Performance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:12
Last Modified: 16 Apr 2021 07:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19646

Actions (login required)

View Item View Item