PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH ISLAMI TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI MA HIDAYATUL MUBTADI’IN SAYUNG DEMAK

FITRIANI, EVI (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH ISLAMI TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI MA HIDAYATUL MUBTADI’IN SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (725kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Lingkungan sekolah islami merupakan lingkungan ataupun tempat yang dapat menunjang adanya berbagai kegiatan termasuk berbagai kegiatan pendidikan. Lingkungan sekolah islami di MA Hidayatul Mubtadi’in Sayung Demak seperti sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah, berpakaian rapi dan sopan, dan menjaga kebersihan. Adakah pengaruh lingkungan sekolah islami terhadap akhlak peserta didik di MA Hidayatul Mubtadi’in Sayung Demak. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui lingkungan sekolah islami di MA Hidayatul Mubtadi’in Sayung Demak, dan ingin mengetahui akhlak peserta didik di MA Hidayatul Mubtadi’in Sayung Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X,XI, dan XII yaitu 246 peserta didik, dan penulis mengambil sampel di kelas X,XI, dan XII dengan jumlah 62 peserta didik. metode pengumpulan data yang digunakan melalui dokumen, kuesioner, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah islami terhadap akhlak peserta didik dengan dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan korelasi product moment. Diketahui bahwa r hitung 0,41 dengan taraf signifikan r tabel adalah 0,244. Setelah melakukan penelitian di lapangan, menunjukkan bahwa akhlak peserta didik sangat dipengaruhi oleh berbagai kegiatan yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Ragam kegiatan yang bernuansa islami dan lingkungan sekolah yang islami juga memiliki posisi penting dalam pembentukan akhlak peserta didik. Lingkungan sekolah islami di MA Hidayatul Mubtadi’in Sayung Demak mengajarkan tentang nilai-nilai agama, kedisiplinan, jelas sekali berkorelasi dengan pembentukan akhlak peserta didik. Sehingga dalam penyebaran angket penulis mendapatkan hasil yang baik dan positif. Kata Kunci : Pengaruh Lingkungan Sekolah Islami, Akhlak Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:25
Last Modified: 12 Apr 2021 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19425

Actions (login required)

View Item View Item