PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG

BUNAYA, ALIF (2020) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (504kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini mengamati pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional siswa di SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti akan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menghitung data menggunakan rumus product moment. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan jumlah 41 santri. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen angket, wawancara dan observasi. Dalam pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional di SMP IT Asshodiqiyah Semarang Tahun 2020. Setelah dilakukan uji diketahui r tabel 0,308 diperoleh r hitung sebesar 0,603 dengan jumlah responden 41 peserta didik. Hal tersebut menunjukan pengaruh positif antara pembiasaan sholat dhuha dengan kecerdasan emosional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ada pengaruh yang signifikan antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional di SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Karena didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis diterima (signifikan). Kata kunci: pembiasaan shalat dhuha, kecerdasan emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:28
Last Modified: 12 Apr 2021 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19405

Actions (login required)

View Item View Item