PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD

Nurjanah, Siti (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (444kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (275kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (393kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen penilaian sikap sosial pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah guru kesulitan untuk membuat instrumen penilaian sikap sosial yang layak dan praktis bagi peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian sikap sosial yang layak dan praktis khususnya pada tema 7 di kelas V SD. Penelitian ini mengacu pada sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Mardapi (2008:108) dalam mengembangkan instrumen afektif, yaitu: 1.Menentukan spesifikasi instrumen, 2. Menulis instrumen, 3. Menentukan skala instrumen, 4. Menentukan sistem penskoran, 5. Mentelaah instrumen, 6. Melakukan uji coba, 7. Menganalisis instrumen, 8. Merakit instrumen, 9. Melaksanakan pengukuran, 10. Menafsirkan hasil pengukuran. Subjek penelitian adalah peserta didik SDN Maguan Kaliori Rembang. Hasil akhir dari produk ini adalah instrumen penilaian sikap sosial yang berbentuk angket penilaian diri yang dikemas dalam bentuk buku. Kelayakan instrumen penilaian sikap sosial diketahui melalui uji validitas dan reabilitas. Uji validitas menggunakan rumus aiken V, sedangkan reabilitas menggunakan formula cronbach alpha. Hasil dari validasi ahli mendapatkan rata-rata 0,72 dalam kategori valid, sedangkan reabilitas instrumen memperoleh koefisien 0,771 yang masuk dalam kategori reliabel. Kepraktisan ditinjau dari komentar yang diberikan guru dan peserta didik selaku pengguna instrumen, komentar tersebut menunjukkan respon positif akan kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan instrumen. Kata kunci: instrumen penilaian, sikap sosial, angket penilaian diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:43
Last Modified: 21 Apr 2021 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19365

Actions (login required)

View Item View Item