Nurjanah, Siti (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
cover.pdf Download (444kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (275kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (393kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (265kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (297kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen penilaian sikap sosial pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah guru kesulitan untuk membuat instrumen penilaian sikap sosial yang layak dan praktis bagi peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian sikap sosial yang layak dan praktis khususnya pada tema 7 di kelas V SD. Penelitian ini mengacu pada sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Mardapi (2008:108) dalam mengembangkan instrumen afektif, yaitu: 1.Menentukan spesifikasi instrumen, 2. Menulis instrumen, 3. Menentukan skala instrumen, 4. Menentukan sistem penskoran, 5. Mentelaah instrumen, 6. Melakukan uji coba, 7. Menganalisis instrumen, 8. Merakit instrumen, 9. Melaksanakan pengukuran, 10. Menafsirkan hasil pengukuran. Subjek penelitian adalah peserta didik SDN Maguan Kaliori Rembang. Hasil akhir dari produk ini adalah instrumen penilaian sikap sosial yang berbentuk angket penilaian diri yang dikemas dalam bentuk buku. Kelayakan instrumen penilaian sikap sosial diketahui melalui uji validitas dan reabilitas. Uji validitas menggunakan rumus aiken V, sedangkan reabilitas menggunakan formula cronbach alpha. Hasil dari validasi ahli mendapatkan rata-rata 0,72 dalam kategori valid, sedangkan reabilitas instrumen memperoleh koefisien 0,771 yang masuk dalam kategori reliabel. Kepraktisan ditinjau dari komentar yang diberikan guru dan peserta didik selaku pengguna instrumen, komentar tersebut menunjukkan respon positif akan kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan instrumen. Kata kunci: instrumen penilaian, sikap sosial, angket penilaian diri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:43 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19365 |
Actions (login required)
View Item |