AL-IHSANI, IBADURRAHMAN KHOLILULLAH (2020) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TAMYIZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DAN SMK ROBBI RODLIYYA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (420kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (754kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan metode pembelajaran dengan menyanyikan materi pelajaran (Shorof – Nahwu) sehingga tidak merasa terbebani, dan secara tidak disadari telah menghafal materi pelajaran yang telah dipelajari di Pondok Pesantren dan SMK Robbi Rodliyya Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan hasil pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode tamyiz. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren dan SMK Robbi Rodliyya Semarang, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode Triangulasi dengan informan kunci dalam penelitian ini adalah Pengasuh, Kepala Sekolah, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketelitian pengamatan, analisis hasil dan member check. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode tamyiz di Pondok Pesantren dan SMK Robbi Rodliyya Semarang sudah sangat efektif. Keberhasilan tersebut dipengaruhi oleh perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang dilakukan oleh pengasuh Pondok Pesantren dan SMK Robbi Rodliyya Semarang sudah baik dan sesuai dengan prosedur pembelajaran. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Bahasa Arab, Metode tamyiz.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:25 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:25 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19342 |
Actions (login required)
View Item |