GHOZALI, MUHAMMAD (2020) MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH ALIYAH AL ANWAR NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (594kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
Abstract
Manajemen pendidikan merupakan sarana penting untuk tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Secara sistemik garapan menajemen sekolah sebagai bagian dari aspek statis manajemen pendidikan meliputi manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen sarana prasarana, manajemen pembiyaan, manajemen komunikasi dan hubungan masyarakat (humas). Konsep MBS (School Based Management), merupakan paradigma baru pendidikan, yang memberikan otonomi luas pada pada tingkat sekolah dengan melibatkan masyarakat dalam rangka kebijakan pendidikan nasional. Dengan MBS ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas atau mutu di Madrasah. Madrasah Aliyah (MA) Al Anwar berada di pedesaan, berdiri pada tahun 2011/2012 perlu peningkatan mutu Madrasah dengan menggunakan konsep MBS. Tujuan penelitian pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelakasanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Al Anwar Ngemplak Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2019/2020, dan untuk mnganalisis peningkatan mutu Madrasah Aliyah Al Anwar Ngemplak Mranggen Demak dengan menggunakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara umum pelaksanaan MBS di MA Al Anwar Ngemplak Kecamatan Mranggen Kabuaten Demak berjalan dengan baik dan cukup efektif sebagaimana sudah adanya struktur keorganisasian di MA Al Anwar yang dibutuhkan oleh madrasah dan dapat melaksanakan kewajibanya hanya saja hubungan kerjasama antara MA Al Anwar dengan masyarakat sekitar belum terpenuhi dengan baik. 2) Peningkatan mutu MA Al Anwar yang tampak tampak baik sebagaimana pada hasil akreditasi sekolah mendapatkan nilai B, hal ini dikarenakan MA Al Anwar merupakan sekolah baru dan baru pertama kalinya mengikuti akreditasi sekolah. Proses belajar mengajar berjalan lebih baik walaupun di masa transisi perubahan kurikulum dari KTSP menuju K-13 revisi 2017 yang disertai dengan penggunaan E-Raport, dapat melaksanakan UNBK secara mandiri walaupun kebutuhan komputer untuk UNBK dilakukan secara mendadak dan jumlah siswa di MA Al Anwar disetiap tahunnya selalu meningkat dan prestasi juara lomba cerpen tingkat kecamatan Mranggen. Kata Kunci: MBS, Manajemen, Mutu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:23 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19340 |
Actions (login required)
View Item |