A’ROFI, SHOWAM (2020) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYYAH DARUNNAJAH NGEMPLAK KIDUL MARGOYOSO PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (886kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (584kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagimana strategi Kepala Madrasah dalam membangun Budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Ngemplak kidul Margoyoso Pati. Kedua, Bagaimana proses membangun Budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Ngemplak kidul Margoyoso Pati. Ketiga, Apa faktor-faktor yang mendukung dalam membangun Budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Ngemplak kidul Margoyoso Pati Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1)..Strategi Kepala Madrasah dalam membangun Budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Ngemplak kidul Margoyoso Pati. dalam mengembangakan religiusitas melalui pembelajaran, Sholat berjamaah, dan melalui kegiatan kegamaan Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Ngemplak kidul Margoyoso Pati membiasakan budaya-budaya yang baik dan bermuatan religiusitas, sehingga siswa terbiasa hidup dengan hal-hal yang baik. 2). Proses membangun Budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Ngemplak kidul Margoyoso Pati: (1) merumuskan visi misi dan tujuan madrasah; (2) membuat alur pembudayaan budi pekerti; (3) menyusun lima tata nilai kerja; (4) menyusun kode etik siswa; (5) menyusun tata tertib siswa; dan (6) menyusun tata tertib guru dan karyawan. 3). Faktor-faktor yang mendukung dalam membangun Budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyyah Darun Najah Ngemplak kidul Margoyoso Pati. Faktor pendukung dalam mengembangkan religiusitas siswa melalui adanya visi dan misi sekolah yang sesuai, faktor lingkungan siswa, adanya kerja sama antara orang tua dan guru, dukungan dari fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya pembudayaan yang baik di lingkungan sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pengembangkan religiuisitas siswa adalah fasilitas tempat wudhu dan musholla yang tidak dapat menampung warga sekolah secara bersamaan, strategi pembelajaran yang dibawakan oleh guru terlalu monoton, kurangnya jam pelajaran agama Islam, adanya beberapa siswa yang terlihat pasif ketika pembelajaran, keterbatasan tempat kegiatan keputrian yang membuat kegiatan tersebut kurang kondusif ketika penyampaian materi dan kegiatan pesantren kilat yang monoton acaranya sehingga siswa merasa bosan dengan kegiatan ini Kata Kunci Strategi, Kepala Madrasah, budaya religius
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 02:45 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 02:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19321 |
Actions (login required)
View Item |