PERAN PENGAWAS PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SD NEGERI BATURSARI 6 KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

NUR, INDAH KHOZINATUN (2020) PERAN PENGAWAS PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SD NEGERI BATURSARI 6 KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)

Abstract

Guru mempunyai tugas utama sebagai pengajar dan pendidik, tidak terkecuali guru PAI. Untuk menjalankan tugas tersebut diperlukan kompetensi yang memadai yang salah satunya adalah kompetensi profesional. Peran pengawas PAI diperlukan dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru PAI agar dapat menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kompetensi profesional guru PAI di SD Negeri Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. 2) bentuk peran pengawas PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SD Negeri Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar di SD Negeri Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Sumber data didapatkan dari guru PAI SDN Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dan pengawas PAI Kecamatan Mranggen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan sistem berpikir induktif untuk menemukan makna-makna dari data yang ada, kemudian untuk menarik kesimpulan secara general. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kompetensi professional guru PAI SD Negeri Batursari 6 cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman guru PAI SD Negeri Batursari 6 terhadap materi pembelajaran, silabus dan RPP, penerapan metode pembelajaran, pentingnya pengembangan profesi, administrasi guru/sekolah dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Namun demikian pada prakteknya masih ada guru yang belum sepenuhnya melaksanakan, terutama dalam hal administrasi. 2) Peran pengawas PAI dalam meningkatkan professional guru PAI di SD Negeri Batursari 6 berdasarkan fungsi dan tugasnya berperan sebagai peneliti, konsultan, fasilitator, motivator dan pelopor pembaharu yang melakukan pembinaan terhadap guru di bawah binaannya melalui monitoring evaluasi langsung ke SD Negeri Batursari 6, melalui group WA dan melalui forum KKG. Pengawas PAI juga melayani konsultasi melalui WA pribadi. Pembinaan yang dilakukan pengawas meliputi pembinaan dalam memahami materi pelajaran, silabus dan RPP, menerapkan metode pembelajaran, pembinaan dalam memahami pemntingnya pengembangan profesi dan administrasi sekolah, serta pembinaan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Melalui pembinaan yang pengawas lakukan terdapat peningkatan kompetensi profesional guru PAI di SDN Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Kata kunci: Peran pengawas PAI, kompetensi profesional, guru PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:58
Last Modified: 08 Apr 2021 07:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item